Ajukan Lagi Pelebaran Tujuh Jembatan di Pasuruan dan Probolinggo, Mana Saja?

DIPERLEBAR: Jembatan Purut di Kota Pasuruan, satu dari tujuh jembatan yang diajukan untuk diperlebar, tahun depan. Arus lalu lintas padat di jembatan ini. Namun, lebar jembatan belum memenuhi syarat. (Foto: Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN, Radar Bromo – Pemprov Jatim kembali berencana melebarkan sejumlah jembatan di Pasuruan dan Probolinggo. Pemprov bahkan sudah mengajukan pelebaran tujuh jembatan tahun depan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII wilayah Gempol Pasuruan Probolinggo Rudy Napitupulu menyebut, rencana pelebaran jembatan tetap ada. Sesuai rencana, ada tujuh jembatan yang perlu dilebarkan.

Ketujuh jembatan ini adalah Jembatan Bukwedi dan Jembatan Purut di Kota Pasuruan. Lalu jembatan Kasuran dan Jembatan Wedusan di Kabupaten Pasuruan. Selanjutnya, Jembatan Curahtulis, Kalibibis, dan Lembah Kembar di Kabupaten Probolinggo.

“Sesuai pemantauan di awal tahun 2019, pelebaran tujuh jembatan ini memang diperlukan. Rencana ini dipastikan tetap berlanjut,” ungkap Rudy, sapaan akrabnya.

Pria asal Kota Medan, Sumatera Utara, ini menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan pelebaran ketujuh jembatan ini pada Pemerintah Pusat. Dipastikan pelebaran ini nantinya akan dilakukan secara bertahap. Sebab, membutuhkan anggaran besar.

Menurutnya, rencana melebarkan tujuh jembatan ini bukan tanpa alasan. Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan pengendara yang melintas di lokasi ini. Mengingat, lalu lintas di tujuh jembatan itu cukup padat. Sementara, lebar jembatan belum ideal.

Rudy mengaku, pihaknya belum mendapatkan informasi apakah usulan untuk melebarkan jembatan itu dikabulkan atau tidak. Rencananya, pihaknya akan kembali mengajukan usulan serupa untuk tahun 2020.

“Usulan kami kan bersamaan dengan daerah lain. Pastinya masuk dalam antrean. Yang jelas tiap tahun akan kami usulkan serupa pada pusat,” pangkas Rudy. (riz/hn/fun)