alexametrics
25.7 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Target Ekspor 300 Ton Bawang Merah, Cegah Harga Anjlok saat Panen Raya

DRINGU, Radar Bromo – Panen raya bawang merah di Kabupaten Probolinggo, mendapat perhatian khusus dari Pemkab Probolinggo. Untuk mengantisipasi anjloknya harga bawang merah selama panen raya, Pemkab mengekspor bawang merah. Sabtu (3/8), dua kontainer bawang merah varietas Biru Lancor diekspor ke Thailand.

Di tahap pertama, bawang merah yang diekspor sebanyak 55 ton. Ekspor dilakukan oleh PT Cipta Makmur Sentosa dari Pasar Bawang Dringu. Perusahaan yang bergerak dalam perdagangan ekspor-impor bawang merah ini bersinergi dengan Pemkab Probolinggo sejak 2018.

Pekan depan, rencananya dilakukan ekspor bawang merah tahap kedua sebanyak 135 ton atau sekitar 4 kointainer. Bahkan, ditargetkan tahun ini ekspor bawang merah sebanyak 300 ton. Lebih tinggi dibanding tahun 2018 yang mencapai 282 ton.

”Kami targetkan ekspor bawang merah dari Kabupaten Probolinggo tahun ini sebanyak 300 ton. Lebih tinggi dibanding tahun 2018. Tetapi, tugas kami tidak hanya mencapai target. Melainkan melampaui target,” kata Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko.

Sidik menjelaskan, bawang merah varietas Biru Lancor adalah bawang merah varietas unggulan milik Kabupaten Probolinggo. varietas ini telah booming sejak tahun 2010.

Tidak heran, omzet harian Pasar Bawang Dringu mencapai Rp 1 Miliar lebih per hari untuk pengiriman bawang merah varietas Biru Lancor keluar Jawa. Tidak hanya keluar Jawa, bawang merah Biru Lancor juga disukai pasar luar negeri.

”Bbawang merah varietas Biru Lancor ternyata juga menjadi favorit negara lain. Sehingga, potensial diekspor ke negara lain. Salah satunya, Thailand,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo Sabtu.

Sidik menegaskan, dengan kegiatan ekspor ini, diharapkan eksportir lebih berpihak kepada petani. Dengan kegiatan ekspor ini, mereka bisa membantu pemerintah untuk menyejahterakan para petani bawang.

Caranya, menyerap bawang merah saat on season (panen raya) dengan harga standar. Sebab, tren harga bawang merah saat panen raya selalu turun. Dengan kegiatan ekspor ini, diharapkan harga bawang merah stabil saat panen raya.

“Jadi hadirnya eksportir ini harus menjadi pembeda dari kegiatan jual beli yang ada sebelumnya. Intinya bagaimana para petani bisa tersenyum dengan adanya kegiatan ekspor di tengah tren harga bawang yang sedang turun,” pungkasnya.

Sri Pujiwanti, Direktur Utama PT Cipta Makmur Sentosa mengatakan, selama dua tahun ini pihaknya memang selalu mengandalkan varietas bawang merah biru lancor untuk memenuhi standar permintaan negara luar. Menurutnya, kualitas biru lancor milik Kabupaten Probolinggo juara, jika diadu dengan varietas bawang merah daerah lainnya.

”Tahun 2018 untuk negara Vietnam dan Myanmar, kuota ekspor kami mencapai total 282 ton dalam satu tahun. Kami harap tahun ini bisa melebihi kuota tersebut. Oleh karena itu support dan fasilitasi koordinasi perizinan antar pemangku pemerintahan untuk kelancaran proses ekspor kali ini sangat kami harapkan,” ungkapnya. (mas/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Dilantik, Ribuan KPPS yang Bertugas di Pilwali Dirapid Test

Ini salah satu upaya KPU dalam memastikan seluruh putugas penyelanggara, seperti KPPS hingga linmas benar-benar sehat dan tidak terjangkit Covid-19

Petugas KPPS Harus Jaga Integritas selama Pilwali

Selanjutnya, KPU akan memberikan pembekalan bagi KPPS sebelum bertugas.

Pembobol Alfamart Suwayuwo Dibekuk, Pelaku Residivis, Ini Tampangya

Pelaku pembobolan toko modern yang berada di sebelah timur jalan nasional ini ada tiga orang.

Pembuangan Bayi di Bermi Krucil, sang Ibu Jadi Tersangka

Setelah melahirkan, pelaku langsung meninggalkan bayinya. Itu dilakukan agar tidak ada orang yang tahu dirinya telah melahirkan.