Pertamina Masih Pasok Premium ke SPBU, Bantah Ada Penghapusan

DARI NOL: Sejumlah pengendara motor menunggu antrean untuk mengisi BBM di SPBU Kasbah beberapa waktu lalu. Sampai saat ini Pertaminya masih memasok BBM jenis premium ke sejumlah SPBU. (Foto: Zainal Arifin/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KADEMANGAN, Radar Bromo – Belakangan berhembus kabar SPBU banyak kehabisan stok bahan bakar minyak (BBM) jenis premium. Penyebabnya, ada informasi yang menyebutkan saat ini premium sudah dihapus. Kabar ini langsung direspons oleh Pertaminya yang membantah, sampai sekarang masih memasok premium ke SPBU.

Penegasan ini disampaikan Pertamina bahwa premium masih diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Unit Manager Communication, Relations, & CSR – Pertamina MOR V, Rustam Aji, menerangkan bahwa saat ini, sesuai ketentuan yang ada, Pertamina masih menyalurkan Premium di SPBU. “Masih kok. Kami tetap mengacu pada penugasan yang diberikan oleh pemerintah,” katanya.

Menurut Rustam, memang di sisi lain, Pertamina juga dihadapkan pada regulasi lingkungan. Merujuk pada ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No 20 Tahun 2017, disyaratkan standar baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor sesuai dengan standar EURO 4. Sehingga BBM yang digunakan untuk uji emisi agar minimal mengikuti RON minimal 91 atau CN minimal 51. Oleh sebab itu, Pertamina juga terus melakukan edukasi dan mendorong konsumen agar beralih menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

“Sesuai kesepakatan dunia dan pemerintah, setiap negara berupaya menurunkan emisi karbon dan mengurangi polusi udara. Salah satunya dengan menggunakan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan. Untuk itu kami mendorong masyarakat untuk menggunakan produk yang lebih berkualitas,” katanya.

Namun, lanjut Rustam, bukan berarti Pertamina menghapus penyediaan premium. Sebab hingga Jumat (3/7) siang, Pertamina masih memiliki tugas untuk penyaluran premium sesuai dengan Peraturan Presiden. “Berdasarkan penugasan dari pemerintah, saat ini Pertamina masih menyalurkan dan menyediakan premium di Indonesia,” tegas Rustam.

Selain Premium, Pertamina juga menyediakan jenis BBM Umum yang meliputi Perta Series (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) dan Dex Series (Pertamina Dex dan Dexlite). “Pertamina juga masih menyediakan Pertalite di SPBU di Indonesia. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap menggunakan BBM sesuai kebutuhan,” tandasnya. (rpd/fun)