Gawat, Stok Darah Semua Golongan di Kota Pasuruan Kosong, PMI Kerahkan Relawan untuk Donor

PURWOREJO, Radar Bromo – Persediaan darah di PMI Kota Pasuruan makin kritis. Saat ini semua golongan darah kehabisan stok.

Ketua PMI Kota Pasuruan Djoni Agung mengatakan, persediaan darah terus menurun selama beberapa hari terakhir. Selasa (2/6) malam, stok darah O, B, dan AB sudah kosong. Hanya tersisa dua kantong darah A saja.

“Permintaan darah datang terus-menerus. Sementara jumlah pendonor berkurang,” ungkapnya.

Lantaran itu, persediaan semua golongan darah kosong hingga kemarin (3/6) pagi. Kondisi itu, lanjut Djoni, belum pernah terjadi sebelumnya. Kalau pun persediaan darah menipis, biasanya disusul dengan stok baru karena pendonor silih berganti berdatangan.

“Sejak pandemi, jumlah pendonor memang berkurang. Bahkan, menurun hingga 70 persen dari kondisi normal,” ujarnya.

Dikatakannya, persediaan darah dikatakan aman apabila setiap golongan terdapat stok 15 hingga 20 kantong setiap harinya. Sedangkan untuk golongan darah AB, biasanya lebih sedikit karena memang langka.

Untuk memenuhi persediaan darah tetap ada, kata Djoni, pihaknya mengerahkan relawan-relawan untuk berdonor. “Hari ini kami kerahkan relawan PMI dan BPBD untuk bersedia donor,” jelasnya.

Dia juga kembali mengimbau agar masyarakat tak perlu risau untuk mendonorkan darahnya. Meski di tengah pandemi, donor darah bisa tetap dilakukan dengan aman.

“Kami pastikan tetap aman bagi pendonor. Sebab, kan ada pemeriksaan kesehatan sesuai dengan protokol Covid-19,” tandasnya. (tom/hn/fun)