Rem Bus Blong Picu Laka Beruntun di Nguling, Muatan Ikan Tercecer

NGULING-Kecelakaan (laka) beruntun terjadi di jalan raya Sedarum, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Senin petang (4/3). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, kecelakaan beruntun ini sempat menyebabkan ruas jalan nasional tersebut macet sepanjang 1 kilometer.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 16.00. Petang itu, pengemudi bus Akas jurusan Madura-Jember N 7670 US melaju dari arah timur ke barat. Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), bus mencoba untuk memperlambat laju kendaraan.

Namun, sayang nya rem bus tiba-tiba saja mengalami blong. Akibatnya sopir bus pun membanting laju kemudinya ke arah kanan. Sehingga menabrak truk colt diesel tanpa muatan N 8063 UP yang dikemudikan Satii, warga desa Watulumbung, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, sehingga truk oleng ke kanan.

Akibatnya, truk itu menabrak Kijang Innova P 1996 NB yang dikemudikan oleh Ali Said, warga Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo yang melaju dari timur ke barat.

Sementara bus tetap melaju ke arah timur dan menabrak truk Fuso nopol K 1791 EA yang dikemudikan oleh Yunarto, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Tabrakan itu membuat truk oleng dan muatan ikan pun meluber ke jalan di sisi selatan.

Tak berhenti sampai di situ, bus tetap melaju ke timur dan menabrak truk colt diesel muat kayu nopol BG 8696 UK sehingga terguling ke Utara dan bus pun ikut berhenti.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kejadian ini sempat menyebabkan kemacetan panjang sepanjang satu kilometer di sisi Utara selama 1,5 jam. Evakuasi sendiri memakan waktu cukup lama. Muatan ikan yang tumpah ke jalan lantas dipindahkan ke truk lain.

Sementara, penumpang bus dipindahkan ke bus di belakangnya. Truk muat ikan mengalami kerusakan pada bagian body depan, sementara mobil Innova, truk muat kayu, bus dan truk muatan kosong tidak mengalami kerusakan.

Kanit Laka Satlantas Polresta Pasuruan, Iptu Ahmad Jayadi mengungkapkan berdasarkan hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi, penyebab laka ini berasal dari pengemudi bus. Yakni rem bus blong dan tidak bisa dikendalikan.

“Sesuai pengakuan dari pengemudi bus, ia mengakui jika kecelakaan beruntun ini karena rem nya blong. Tersangka ya pengemudi bus,” jelas Jayadi. (riz/mie)