alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Tangkapan Ikan Kota Pasuruan Merosot Drastis dari Tahun Lalu

BUGUL KIDUL, Radar Bromo – Hasil tangkapan ikan di perairan Kota Pasuruan sepanjang 2019 merosot. Bukan hanya tak memenuhi target. Bahkan, ikan-ikan tangkapan nelayan itu lebih sedikit dibandingkan hasil tangkapan tahun sebelumnya.

Pada 2018, jumlah tangkapan ikan memang tak melampaui target. Nelayan Kota Pasuruan hanya mampu menangkap sebanyak 6.965,8 ton. Sedangkan target yang ditetapkan pemerintah setempat sebanyak 7.029,12 ton.

Hasil tangkapan ikan pada 2019 justru lebih sedikit. Jumlahnya mencapai 6.325 ton. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang ditargetkan yakni sebanyak 7.826 ton. Menurunnya hasil tangkapan ikan itu tak lepas dari faktor cuaca.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kota Pasuruan Romli menjelaskan, jumlah tangkapan ikan itu menurun drastis karena bencana banjir bandang yang sempat melanda kawasan Panggungrejo, April lalu.

Bencana yang cukup besar itu akhirnya memporak-porandakan ratusan kapal hingga rusak parah. “Karenanya, nelayan tak bisa melaut karena perahunya rusak terkena imbas banjir bandang saat itu,” ungkap Romli.

Ia juga menunjukkan data hasil tangkapan ikan selama 12 bulan. Diketahui, jika hasil tangkapan ikan lebih sedikit pada enam bulan pertama tahun 2019. Pada triwulan pertama hasil tangkapan sebanyak 1.412 ton. Kemudian di triwulan kedua menurun menjadi 1.324 ton.

Sementara, hasil tangkapan ikan kembali naik pada enam bulan berikutnya. Di triwulan ketiga, mencapai 1.797 ton. Tak jauh berbeda pada triwulan keempat yang mencapai 1.790 ton. “Memang hasil tangkapan ikan itu fluktuatif. Namun, berdasarkan catatan kami, banyak diakibatkan bencana banjir itu,” paparnya.

Di sisi lain, pihaknya juga terus mendorong agar nelayan turut menjaga ekosistem laut. Yakni, dengan mematuhi aturan dalam menangkap ikan di perairan lepas. Salah satunya dengan memakai jaring ramah lingkungan.

“Penggunaan bom ikan akan merusak ekosistem laut. Maka, selalu kami ingatkan agar nelayan sama-sama menjaga agar hasil tangkapan juga lebih baik,” pungkasnya. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.