alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Pembayaran Kompensasi Eks Karyawan Hotel Tretes Raya Tuntas

PRIGEN – Persoalan ketenagakerjaan yang terjadi di Hotel Tretes Raya, akhirnya berakhir. Ini setelah manajemen sudah menuntaskan masalah pembayaran kompensasi, usai hotel yang berada di Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen tersebut, dinyatakan pailit.

Sebelumnya, ada total karyawan sebanyak 110 orang yang di PHK. Dari jumlah sekian tersebut, terdapat 39 orang karyawan sempat menolak pembayaran kompensasi oleh pihak manajemen yang hanya sanggup membayar 80 persen dari ketentuan yang ada.

Seiring perjalanan waktu, sisa 39 orang karyawan tersebut ternyata sudah tuntas terkait pembayaran kompensasinya. Masing-masing sudah menerima. Mereka menyadari, hotel Tretes Raya yang tutup sejak 28 Oktober lalu tersebut, memang benar-benar pailit.

“Tanggungan owner dan manajemen hotel ini sudah beres semua. Karyawan yang tersisa sebanyak 39 orang sudah selesai proses pembayaran kompensasinya pada 27 Desember kemarin. Lainnya sudah diselesaikan lebih awal,” terang Teguh Pribadi selaku kuasa hukum Hotel Tretes Raya.

Teguh sapaan akrabnya mengatakan, baik 39 orang karyawan yang terakhir maupun lainnya yang lebih awal, telah tuntas pembayaran kompensasinya. Ia tegaskan besarannya sama dan tidak berbeda, yakni tetap 80 persen dari ketentntuan yang ada. Mengingat kondisi perusahaan mengalami pailit atau bangkrut, sehingga kemampuan keuangannya terbatas dan tak bisa maksimal utuh 100 persen.

“Pembayarannya via transfer, langsung by name by addres ke masing-masing rekening karyawan. Pastinya tidak dipukul rata, sebaliknya besarannya sesuai dengan masa kerja dan jabatannya,” cetus pengacara asal Sidoarjo ini.

Disinggung nasib hotel berbintang tersebut kedepannya, apakah akan tetap dibiarkan mangkrak seperti sekarang ataukah dimungkinkan kembali beroperasi? Teguh menyebut, semuanya tergantung situasional terkini dilapangan.

“Operasional kembali atau tidaknya hotel ini usai dinyatakan pailit, menunggu investor baru. Kini dalam proses mencari sekaligus penjajakan,” bebernya. (zal/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU