Rp 1,2 Miliar untuk Pengecatan Markah 9 Ruas Jalan Ini

PERLU DIPERBARUI: Pengendara melintas di Jalan Pahlawan, Jumat (2/11) sore. Selain di titik ini, ada 8 lokasi lain yang markah jalannya bakal diperbarui. (Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GADINGREJO – Pengendara bakal semakin nyaman saat melintas di ruas jalan perkotaan. Pemkot melakukan pengecatan ulang markah di sejumlah titik di Kota Pasuruan. Sedikitnya, ada sembilan ruas jalan yang mendapatkan perhatian tahun ini.

Kabid Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan Andriyanto mengungkapkan, Dishub mengalokasikan anggaran Rp 1,2 miliar melalui APBD 2018 untuk perbaikan markah jalan. Anggaran miliaran ini diperuntukkan pengecatan markah yang sudah buram.

“Ada sembilan ruas jalan yang mendapatkan pemeliharaan markah jalan tahun ini. Pengerjaannya sudah dilakukan sejak Oktober lalu,” katanya. Sembilan titik yang mendapatkan prioritas tahun ini adalah Jalan Irian Jaya, Jalan Banda, Jalan Lombok, Jalan Wachid Hasyim, Jalan Halmahera, dan Jalan Sulawesi. Lalu, Jalan Kalimantan, Jalan Sugiono serta Jalan Pahlawan.

Andri -sapaan akrabnya- menjelaskan, pengecatan markah di kesembilan ruas ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, markah jalan setempat sudah mulai buram dan tidak terlihat jelas. Selain itu, ruas jalan ini termasuk jalan yang padat.

Markah jalan ini berfungsi sebagai rambu. Seperti, tempat bagi penyeberang untuk menyeberang dengan aman serta untuk pembeda lajur jalan agar kendaraan tidak menyalip dan berjalan seenaknya terutama saat malam hari.

“Markah jalan ini berguna untuk meminimalisasi kecelakaan. Sehingga, kendaraan bisa lebih berhati-hati saat melintas,” ungkap Andri. (riz/fun)