alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Orang Gila Bakar Lahan Kosong di Mangunharjo, Api Membesar, Ehh Malah Nangis

MAYANGAN, Radar Bromo – Warga Jalan Panglima Soedirman, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, pagi kemarin dibuat heboh. Penyebabnya, terjadi kebakaran di sebuah lahan kosong milik Hanjent alias Rudi. Kebakaran lahan ini disebabkan lantaran dibakar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Informasinya, insiden tersebut terjadi pukul 10.27. Rudi yang ditemui Jawa Pos Radar Bromo mengaku bahwa lahan kosong yang miliknya itu dibakar oleh ODGJ. Usai kejadian, ODGJ tersebut sudah dibawa ke Shelter Dinas Sosial.

“Ini sudah dua kali dalam setahun. Kasusnya sama, kebakaran terjadi akibat banyak ranting dan rumput yang tumbuh yang mengering. Jika terbakar maka cepat merambat. Ke depan saya akan ratakan dan keruk dengan alat berat saja. biar tumbuhannya tidak ada,” bebernya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, ada dua unit mobil damkar yang dikerahkan. Petugas damkar sedikit kesulitan saat melakukan pemadaman. Pasalnya, hampir 80 persen lahan seluas 3.800 meter persegi itu terbakar. Sementara mobil damkar tidak bisa masuk. Sehingga pemadaman hanya bisa dari tepi jalan saja.

Ahmadi petugas Tagana yang turut andil dalam memadamkan api mengatakan, mulanya ada ODGJ yang membakar sampah. Namun lantaran angin cukup kencang, maka api cepat menjalar. Lebih lagi, banyak ranting kering di lahan tersebut.

Setelah api membesar, ODGJ tersebut malah bingung, bahkan terkadang tersenyum sendiri dan menangis sendiri, saat melihat api yang mulai membakar seluruh bagian lahan. (rpd/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU