alexametrics
29 C
Probolinggo
Wednesday, 25 November 2020

Marak Karhutla Dipicu Ulah Manusia, Polsek Prigen Periksa 20 Saksi

PRIGEN, Radar Bromo – Polisi masih mendalami maraknya kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Prigen selama tiga bulan terakhir.

“Unit Reskrim kami memproses lidik kasus karhutla yang terjadi wilayah hukum Polsek Prigen. Sejauh ini sudah ada 20 orang diperiksa sebagai saksi. Masing-masing dari Pamhut Tahura R. Soerdjo dan Perhutani. Serta unsur relawan,” ungkap Kapolsek Prigen Iptu Slamet Wahyudi.

Lebih lanjut ia katakana, kasus karhutla di lapangan menjadi atensi. Sebab, mayoritas dipicu faktor manusia. Sehingga, harus dilidik untuk mengungkap dan mencari pelakunya.

Menurut Slamet, bila terbukti bersalah, pelaku karhutla bisa dijerat dengan pasal 187 KUHP plus pasal 108 UU 32/2009 tentang Lingkungan Hidup (LH).

“Namun, sejauh ini bukti-buktinya minim sekali. Sejauh ini barang buktinya hanya foto dan rekaman video saat kebakaran berlangsung. Jadi, lidik terus kami dalami,” ungkapnya.

Kapolsek mengatakan, kasus kebakaran hutan yang terjadi di lapangan tidak terjadi dengan sendirinya. Tapi, sengaja ada yang membakar dan kesulitannya, tidak ada yang mengetahui secara langsung pelakunya. Sebaliknya, baru tahu saat ada kebakaran.

“Untuk kebakaran hutan wilayah Tahura R. Soerdjo diduga ulah perburuan liar. Kemudian di wilayah Perhutani, mengarah kuat pembukaan lahan. Tentunya lidik terus dilakukan dan dalami, doakan saja segera membuahkan hasil,” janjinya. (zal/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Harbokir Kembali Hadir di 3 Dekade JNE

Harbokir atau Hari Bebas Ongkos Kirim yang tiap tahun dirayakan dalam rangka perayaan hari ulang tahun JNE, siap dinikmati kembali oleh seluruh pelanggan setia.

Kerap Sepi, Dewan Soroti Penataan Pasar Poncol

Dewan menilai aset pemkot ini tidak berjalan maksimal. Akibatnya, banyak los yang ditinggal oleh pedagang.

Hentikan Pengiriman Air Bersih di Kab Pasuruan 28 November

Sesuai SK kedaruratan bencana, prediksi pengiriman air bersih akan dihentikan akhir bulan ini.

Kena Tol Paspro, Delapan Makam di Banjarsawah Tegalsiwalan Dipindah

Rukun Kepaten Dusun Krajan, Desa Banjarsawah, memindahkan kuburan itu ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Krajan.

Mulai Ekskavasi Goa Jepang di Gempol, Libatkan BPCB-Arkeolog

Proses ekskavasi Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol mulai dilakukan.