SIM Smart Belum Berfungsi Sempurna Karena Belum Bisa Dipakai Ini

MAYANGAN, Radar Bromo– Surat Izin Mengemudi (SIM) yang diterbitkan belakangan sudah model smart SIM. Namun, fasilitasnya belum bisa digunakan. Seperti mengisi saldo, pembayaran tol, dan fasilitas lainnya. Selama ini hanya fisiknya saja yang berupa smart SIM.

Baur SIM Satlantas Polres Probolinggo Kota Bripka Agung Waluyo mengatakan, bagi pemohon perpanjang dan pemohon SIM baru fisiknya sudah model smart SIM. Namun, fasilitas smart SIM belum bisa digunakan.

“Saya coba milik saya dulu. Rupanya belum bisa. Setelah dikonfirmasi ke Pusat, ternyata masih proses. Mulai kapan baru bisa digunakan, kami masih menunggu konfirmasi lanjutan dari Pusat,” ujarnya, Selasa (31/3).

Disinggung mengenai ketersediaaan stok fisik SIM, Agung memastikan stoknya aman. “Stoknya banyak, jadi masih ada dan aman,” ujarnya, meski tidak menyebut berapa ribu keping stok fisik smart SIM-nya.

Diketahui, dengan model smart SIM, surat izin ini juga berfungsi sebagai pendukung forensik kepolisian, fungsi kontrol atau untuk penegakan hukum, dan sistem pelayanan prima. Smart SIM memiliki sejumlah keunggulan. Seperti layaknya e-money pada kebanyakan kartu. Smart SIM dapat diisi saldo yang dapat dibelanjakan untuk berbagai kebutuhan. Termasuk, untum membayar tilang dan jalan tol.

Selain bisa digunakan untuk bertransaksi, dalam chipnya juga akan berisi informasi pemilik, termasuk data forensik. Seperti identitas kependudukan serta data nomor telepon orang terdekat.

Tampilannya juga berbeda dengan SIM lama. SIM ini terlihat lebih simpel dengan warna merah menutupi seluruh kartu bagian atas serta putih mendominasi bagian bawah. (pd/rud/fun)