Akses ke Bromo via Pasuruan Terganggu Longsor di Baledono Tosari

GANGGU AKSES: Ruas akses ke Bromo yang terganggu material longsor di Desa Baledono, Tosari, kemarin siang. Hari ini rencana pembersihannya kembali dilakukan. (Foto: Pemdes Baledono for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

TOSARI, Radar Bromo – Hujan deras yang mengguyur Tosari Senin siang (2/3), membuat tebing di pinggir jalan alami longsor. Tumpukan material longsor itu pun menutup jalan ke arah Bromo. Kendati longsoran cukup kecil, namun sempat membuat arus lalu lintas terganggu.

Mas Prapto, Kepala Desa Baledono mengatakan, longsoran tebing terjadi sekitar pukul 15.00 di Desa Baledono yang menuju ke Desa Tosari. “Memang ada hujan cukup deras sejak pukul 14.00, sehingga ada longsoran di jalan provinsi yang merupakan akses ke Bromo,” terangnya.

Longsoran setinggi 2 meter itu, sempat menutup hampir 90 persen jalan ke Bromo. Untuk ketinggian longsoran hanya setengah meter. Kendati begitu, membuat arus lalu lintas sedikit terhambat.

Warga setempat dan juga driver hardtop pun dengan segera membersihkan material longsoran secara swadaya. “Jadi diutamakan agar bisa dilewati dulu. Sekitar satu setengah jam gotong royong, pukul 16.30 jalan sudah bisa dilewati kendaraan,” terangnya.

Selama jalan tertutup longsor, sempat ada antrean kendaraan 10-15 mobil. Namun, setelah longsoran dibersihkan, arus lalu lintas pun sudah bisa dilewati kendati harus bergantian.

“Pembersihan memang masih belum tuntas, yang penting bisa dilewati dulu. Dan rencana pembersihan total sampai bersih dan tidak licin atau sisa tanah, baru besok (hari ini),” terangnya. (eka/mie)