Tambah Petugas Keamanan Alun-alun Pasuruan

TERUS DIJAGA: Pengendara motor melintas di depan Alun-alun Kota Pasuruan, beberapa waktu lalu. Kini, petugas keamanan di alun-alun ini ditambah. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Keberadaan taman di Alun-alun Kota Pasuruan, mendapatkan perhatian khusus dari Pemkot Pasuruan. Pemkot menambah petugas keamanan untuk ruang terbuka hijau (RTH) di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan Rudiyanto mengatakan, jumlah petugas keamanan di alun-alun hanya dua orang. Mereka bertugas menjaga RTH milik Pemkot mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.00.

Kondisi ini membuat penjagaan RTH kurang maksimal. Sehingga, masyarakat sering melanggar saat tidak ada petugas. Karenanya, pihaknya menambah jumlah petugas keamanan. Adanya tambahan petugas ini sudah dialokasikan anggaran dari Perubahan APBD 2019.

“Semula petugas keamanan yang kami miliki cuma dua orang. Saat ini kami tambah sehingga berjumlah empat orang. Dengan adanya penambahan petugas keamanan ini, diharapkan sarana prasarana dan tanaman dapat terjaga dengan baik,” ujarnya.

Rudi menjelaskan, adanya tambahan petugas keamanan ini karena selama ini jumlahnya memang kurang memadai. Ia mencontohkan, adanya aturan masyarakat tidak boleh menggunakan alas kaki saat berada di wahana permainan anak-anak. Namun, larangan ini masih sering dilanggar saat tidak ada petugas.

“Kami juga berharap agar masyarakat ikut menjaga. Karena kami melihat sebagian masyarakat kurang peduli dan kurang rasa memiliki. Terkadang sudah diperingatkan, namun mereka membandel dengan membuang sampah atau melanggar aturan yang tidak diperbolehkan,” ujar Rudi. (riz/fun)