Pedagang Pasar Gondangwetan akan Direlokasi

AKAN DIRELOKASI: Kondisi salah satu bagian di Pasar Gondangwetan. Pertengahan Agustus, pedagang di areal depan akan direlokasi ke belakang atau ke barat pasar. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

Related Post

GONDANGWETAN, Radar Bromo – Rencana revitalisasi Pasar Gondangwetan tahun ini dipastikan berlanjut. Sebelum dilakukan pengerjaan fisik, pedagang di area depan pasar akan direkolasi ke belakang atau barat pasar.

Rencananya, relokasi itu akan dilakukan pertengahan Agustus ini. Sebab, pekerjaan fisik akan dilaksanakan pada akhir Agustus.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan Gatot Sutanto mengatakan, pengerjaan fisik Pasar Gondangwetan akan dilakukan akhir Agustus. Karena itu, sebelum dimulai pekerjaan fisik, pedagang yang lokasinya akan direvitalisasi dipindah terlebih dahulu. Total ada 104 pedagang yang kios dan losnya terdampak revitalisasi.

“Selama pengerjaan revitalisasi nanti, sementara pedagang memang harus dipindah. Rencananya akan dipindah di belakang Pasar atau barat pasar,” terangnya.

Relokasi sendiri bersifat sementara. Pedagang direlokasi hanya saat pengerjaan revitalisasi fisik pasar. Karena itu, mereka akan dibuatkan bedak darurat untuk berjualan. Tujuannya, agar pedagang tetap bisa berjualan.

“Relokasi hanya sekitar empat bulan. Itu, sesuai dengan lamanya pengerjaan revitalisasi fisik yang ditarget selesai dalam waktu kurang lebih 4 bulan,” ujarnya.

Revitalisasi Pasar Gondangwetan itu sendiri dianggarkan dari APBN Tugas Pembantuan (TP) sebesar Rp 4 miliar. Kegiatannya yaitu merevitalisasi dan merehab 45 kios dan 59 los.

Pasar direvitalisasi karena becek atau terjadi genangan air terutama saat musim hujan. Revitalisasi diharapkan membuat pasar makin nyaman dan bersih.

Pengerjaannya sendiri diperkirakan tuntas dalam waktu 4 bulan. Dipastikan, di akhir tahun nanti pekerjaan fisik itu sudah selesai. Selanjutnya, pedagang bisa segera menempati gedung baru yang sudah direvitalisasi. (eka/hn)