alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Monday, 26 October 2020

Partisipasi Angka Pemilih di Pilpres Kota Probolinggo Naik 8 Persen

KANIGARAN, Radar Bromo – Partisipasi Pemilu 2019 di Kota Probolinggo tercatat naik dibandingkan pemilu sebelumnya. Termasuk pelaksanaan Pilpres, angka partisipasi masyarakat naik sebesar 8 persen.

Hal ini diungkapkan Ahmad Hudri, Ketua KPU Kota Probolinggo Kamis (1/8) setelah melakukan evaluasi Fasilitasi Kampanye oleh KPU di ballroom Bromo Park.

“Untuk pelaksanaan Pilpres 2014, angka partisipasi mencapai 79 persen. Sedangkan untuk tahun 2019 mencapai 87 persen,” ujarnya.

Saat disinggung mengenai melesatnya partisipasi Pilpres, Hudri tidak menampik kenyataan karena aktifitas di sosial media. “Sosial media terutama tentang pilpres, bisa jadi menjadi salah satu penyebab naiknya partisipasi pilpres,” ujarnya.

Sementara itu Wawan E. Koeswandoro Dosen FISIP Universitas Brawijaya yang hadir dalam evaluasi fasilitas kampanye, tidak menampik naiknya partisipasi terutama pilpres disebabkan karena adanya “pertempuran wacana” antara 2 kubu pendukung capres cawapres.

“Konflik antara pendukung capres cawapres ikut mempengaruhi partisipasi masyarakat meskipun secara tidak langsung. Walaupun mereka sebenarnya tidak berpikiran untuk berpartisipasi,” ujarnya.

Tapi euforia yang mengikat menjadi semacam aktualisasi politik identitas yang diyakini oleh masing-masing kubu, membuat mereka semangat untuk memenangkan pertempuran wacana tersebut. “Membuat kedua pendukung untuk berpartisipasi serta membuktikan pertempuran wacana di medsos mau pun tempat-tempat terbatas, menjadi relevan sesuai dengan wacana yang mereka yakini. Membuat pendukung akhirnya ikut dalam pilpres,” jelasnya.

Sementara itu Radfan Faisal, Koordinator Divisi Partisipasi pemilih, Sosialisasi Pendidikan pemilih dan Sumber Daya manusia mengungkapkan bahwa tingkat partisipasi pemilih di Kota Probolinggo dalam pemilu 2019 cukup tinggi.

“Bahkan nomor 2 di Jawa Timur. Nomor 1 diraih oleh Sampang, Madura. Bahkan partisipasi pemilih di wilayah perbatasan mencapai 90 persen lebih,” ujarnya.

Seperti di Kecamatan Wonoasih dan Kedopok, masing-masing tercatat mencapai 90.18 perse dan 90,69 persen; Kecamatan Kanigaran 85,38 persen; Kecamatan Kademangan 88,74 persen. “Partisipasisi paling kecil ada di wilayah Kecamayan Mayangan,” jelasnya. (put/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Ngantuk, Pemotor asal Sidoarjo Tabrak Taman Bambu Runcing Pandaan    

Motor Honda Supra X yang dikendarai korban seorang diri, menabrak taman Bambu Runcing

Fortuner Tabrak Pikap Parkir di Prigen, Tiga Terluka  

Sesampainya di lokasi kejadian, Fortuner itu menabrak dari belakang pikap Isuzu Panther pikap yang diparkir di bahu jalan sebelah kiri.

Warga Binaan Rutan Bangil Ubah Lahan Parkir Jadi Bengkel Mebel

Hidup di penjara, tidak boleh mematikan kreativitas. Sebab, meski hidup di lingkungan yang terbatas, seorang tahanan masih bisa berkreasi. Hal ini yang dilakukan di Rutan Bangil dengan mengembangkan industri mebeler.

Ajukan Lagi Lintasan Atletik Rp 4 M untuk Stadion Pogar

Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Pasuruan berencana mengusulkan kembali tambahan fasilitas di di Stadion R Soedrasono, tahun depan.

PJU di Kraksaan Sering Mati Akibat Diterpa Hujan-Angin

Setelah beberapa kali diperbaiki, Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan Kraksaan kembali mati.