TL Taman Dayu Tak Juga Operasi, Warga Keluhkan Lalu Lintas Semrawut

PANDAAN – Traffict light (TL) di simpang tiga Taman Dayu, Pandaan, memang sudah selesai dibangun setahun lalu. Sayangnya, hingga kini TL itu belum juga difungsikan. Kondisi ini pun mulai dikeluhkan pengguna jalan. Terutama pengguna jalan yang keluar atau masuk ke Taman Dayu.

Maklum, jalan masuk keluar ke Taman Dayu itu merupakan ruas jalan nasional jurusan Surabaya – Malang dan sebaliknya. Jadi, arus lalu lintas di tempat itu sangat padat.

“Mestinya TL sudah dioperasikan. Bahkan, sempat kami baca di koran bahwa Lebaran lalu akan difungsikan. Tapi, sampai sekarang belum difungsikan,” terang Sueb, warga Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Warga, menurut Sueb, sangat menantikan operasional TL itu. Sebab, arus lalu lintas di tempat itu sangat padat. “Paling tidak kendaraan yang masuk dan keluar ke Taman Dayu bisa lebih aman kalau ada TL. Pengendara tak perlu waswas kecelakaan. Sebab, selama ini rawan kecelakaan di sini,” cetusnya.

Kasatlantas Polres Pasuruan AKP Erika Purwana Putra saat dikonfirmasi, menyambut positif usulan warga. Namun, menurutnya, operasional TL bukan wewenangnya. Melainkan wewenang Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional. Koordinasinya langsung dengan Dishub Pemprov Jatim.

“Untuk operasionalnya, menunggu hasil keputusan BPTD Trosobo, sebagai pemangku kepentingan jalan nasional. Termasuk TL di akses masuk dan keluar Taman Dayu ini,” tegasnya. (zal/hn/fun)