Radar Bromo

Melihat Budi Daya Jeruk di Desa Gunting yang Bakal Dikembangkan Jadi Tempat Wisata

SEJUMLAH warga di Desa Gunting, Kecamatan Sukorejo, kini mulai membudidayakan jeruk. Tepatnya di Dusun Betiting. Hasil budi daya jeruk ini pun cukup bagus. Bahkan, kemudian dikembangkan wisata petik jeruk.

Desa Gunting, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, selama ini terkenal dengan sektor pertaniannya. Sektor ini menjadi penyokong utama ekonomi warga setempat.

Kebanyakan, pertanian yang dipilih warga setempat yaitu padi dan jagung. Selebihnya, ada singkong dan aneka jenis palawija.

Nah, kini warga Gunting mulai mengembangkan jenis pertanian. Beberapa tahun belakangan, sejumlah warga mulai melakukan budi daya jeruk. Khususnya, warga di Dusun Betiting, desa setempat.

“Budi daya jeruk ini sudah berlangsung sekitar tujuh tahun terakhir. Dan, sampai sekarang perkembangannya bagus. Total luas lahannya ada sekitar dua hektare,” ungkap Kasun Betiting Suwawi.

Memang, belum banyak warga yang mengembangkan budi daya ini. Namun, dari yang ada saat ini, setidaknya budi daya jeruk itu cukup bagus hasilnya.

Jeruk yang dihasilkan rasanya manis. Karena merupakan bibit unggul dari Batu. Namun, hanya panen sekali dalam setahun.

Keberhasilan ini, menurut Suwawi, tidak lepas dari iklim di desanya yang cocok untuk budi daya jeruk. Sehingga, jeruk bisa tumbuh dengan baik. Ditunjang dengan perawatan intensif, mulai penyiraman dan pemberian pupuk.

Menurutnya, rata-rata pemilik kebun jeruk telaten merawat budi daya mereka setiap harinya. Sehingga, hasilnya bagus. Sekali panen misalnya, satu pohon menghasilkan 1-2 kuintal jeruk.

“Buahnya juga laris terjual di pasaran. Selain pohonnya dari bibit unggul, rasanya pun bisa diadu atau tak kalah dengan jeruk dari daerah lain,” cetusnya.

Budi daya jeruk ini, mendapat atensi sekaligus dukungan dari pemerintah desa setempat. Di samping berupaya membantu proses pemasaran, saat ini pemerintah desa setempat juga mengupayakan pelatihan.

“Jeruk sudah menjadi salah satu produk pertanian sekaligus produk unggulan di desa kami. Kami pun tak hanya menjual buahnya saat panen. Namun, kami kembangkan pula ke wisata petik jeruk,” kata Kades Gunting Imam Suwadi. (zal/hn/fun)