Jamaah Aboge Leces Berharap Covid-19 Segera Berlalu

KHOTBAH: Kiai Buri Mariye membacakan khotbah usai melaksanakan salat Idul Adha, Sabtu (1/8). Serta, ketika jamaah bersiap makan bersama usai salat. (Slamet Riyadhi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

LECES, Radar Bromo – Mayoritas umat muslim telah melaksanakan salat Idul Adha 1441 Hijriah pada Jumat (31/7). Namun, jamaah Aboge di Kabupaten Probolinggo baru melaksanakannya Sabtu (1/8). Meski berhari raya di hari yang berbeda, mereka juga berharap pandemi Covid-19 segera berlalu.

Jamaah Aboge di Kabupaten Probolinggo tersebar di tujuh desa di empat kecamatan. Salah satunya di Desa/Kecamatan Leces. “Pelaksanaan Idul Adha tahun ini, Islam Aboge selisih sehari dengan pemerintah. Tapi, hal itu tidak menjadi masalah. Saya berharap dengan perayaan Idul Adha, pandemi Covid-19 cepat berlalu,” ujar Kiai Buri Mariye yang merupakan tokoh Islam Aboge Desa Leces.

Diiringi gema takbir, jamaah Aboge datang ke Musala Al Barokah di Desa/Kecamatan Leces untuk melaksanakan salat Idul Adha. Tata cara ibadah mereka tidak ada yang berbeda dengan mayoritas umat Islam. Bedanya, hanya hari pelaksanaan salat Idul Adha.

Seusai salat dilanjutkan dengan makan bersama dan pemotongan hewan kurban. Tahun ini jamaah Aboge di lingkungan Musala Al Barokah Desa Leces memotong seekor sapi dan seekor kambing. “Perhitungan Idul Adha adalah ja-pat-ji. Bulan Zulhijah atau bulan Besar hari ke-papat atau empat. Pasaran siji atau satu. Jadi, Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah jatuh pada hari Sabtu Wage,” jelas Kiai Buri. (mas/rud)