Pastikan Stok Bahan Baku di Probolinggo di Tengah Pandemi Aman

KRAKSAAN, Radar Bromo – Di tengah pandemi korona yang korbannya terus bertambah setiap harinya, pemerintah menyiapkan rencana menghadapi situasi terburuk. Di Kabupaten Probolinggo, pemkab terus melakukan pengecekan bahan pangan. Sejauh ini pemda memastikan stok bahan pangan aman.

Hal itu diungkap Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Kabupaten Probolinggo Susilo Isnady. Menurutnya, sejauh ini stok bahan pangan di daerahnya masih aman hingga satu tahun ke depan. Itu, berdasarkan pengecekan yang dilakukan di lapangan.

“Kami sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi keadaan terburuk. Salah satunya yaitu mengecek bapokting (bahan pokok penting),” katanya.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan, pihaknya memastikan bahwa bapokting di daerahnya aman. Mulai dari beras, gula, dan lainnya. Bahkan, kebutuhan seperti sabun dan lainnya, dijamin masih aman.

Ia merinci dari hasil pemantauan di empat gudang bulog yang ada di Probolinggo, beras kualitas medium tersedia sekitar 18 ribu ton. Dalam kondisi normal 18 ribu ton itu bisa mencukupi kebutuhan warganya selama setahun ke depan. Untuk gula di PG Gending 532 ton dan di PG Wonolangan 185 ton. “Jadi aman. Untuk kebutuhan bahan pangan ini,” ungkapnya.

Selain melakukan pengecekan, pihaknya juga melakukan pendataan dampak ekonomi lainnya dari pandemi ini. Menurutnya, ada sekitar 5.000 usaha mikro yang terdampak. Karena itu, pihaknya menyiapkan bantuan.

“Nanti bantuannya bentuk apa, masih kami rancang. Sekalian ini masih dilakukan pendataan,” kata pria yang akrab disapa Susilo itu. (sid/fun)