Belum Putuskan Pembatalan Ibadah Haji, Tahapan Masih Jalan Terus

PASURUAN, Radar Bromo – Persiapan pemberangkatan ibadah haji tahun ini terus berjalan. Sampai saat ini, pemerintah Arab Saudi belum memberi kepastian mengenai hal itu di tengah mewabahnya Covid-19.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kantor Wilayah Kota Pasuruan Moh Ismail menerangkan, jika pihaknya masih menyiapkan keperluan calon jamaah haji (CJH). “Persiapan masih berjalan seperti biasa,” tuturnya.

Menurut dia, sebanyak 252 CJH asal Kota Pasuruan sudah mengumpulkan paspor. Pihaknya akan segera menyerahkan paspor itu ke Kanwil Kemenag Jawa Timur. Namun, penyerahan itu juga menunggu antrean dengan daerah lain.

“Tidak bisa langsung diserahkan. Harus menunggu antrean dengan daerah lainnya,” terang dia.

Jika paspor CJH itu sudah diserahkan, Kanwil Kemenag Jawa Timur selanjutnya akan memproses visa. Sampai saat ini, Ismail menegaskan semua tahapan persiapan tetap berjalan.

Lalu, apakah CJH bakal tetap berangkat ke tanah suci meski pemerintah Arab Saudi sendiri masih memberlakukan karantina? Ismail mengaku sejauh ini belum ada keputusan dari kementerian mengenai pembatalan ibadah haji tahun ini.

“Pemberangkatan itu kan bulan Juni. Masih dua bulan lagi, dan sampai sekarang belum ada keputusan dari kementerian. Makanya, persiapan tetap berjalan seperti biasa,” tegasnya. (tom/fun)