Warga Kraton Diringkus usai Curi Ponsel, Modusnya Masuk ke Rumah Korban yang Tengah Tertidur

KRATON, Radar Bromo – Abu Hasan kini harus merasakan tinggal di balik penjara. Pria berusia 32 tahun itu diringkus aparat kepolisian atas tuduhan mencuri.

Tersangka yang tercatat sebagai warga Desa Dhompo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, itu diamankan petugas, Rabu (29/1). Selama beberapa hari terakhir, Hasan memang dalam intaian polisi.

Ia diduga kuat sebagai pelaku pencurian ponsel milik Nuril Anwar. Aksi jahat Hasan itu dilakukan Kamis (19/1) malam. Kelengahan korban yang tertidur lupa mengunci pintu rumah dimanfaatkan pelaku.

Sekitar pukul 22.00, pelaku masuk ke dalam rumah korban yang ada di Desa Legowok. Ponsel produksi Tiongkok seharga Rp 3,3 juta itu langsung dibawa kabur. Korban baru menyadari ponselnya dicuri keesokan harinya.

“Korban tertidur setelah nonton YouTube. Dia lupa mengunci pintu rumahnya, saat korban tidur, pelaku masuk dan mencuri ponselnya,” kata Kapolsek Kraton AKP Teguh Taviyarno.

Mendapat laporan itu, polisi langsung melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya keberadaan pelaku dapat terendus. Ia diamankan saat berada di rumahnya. Kedatangan petugas bahkan tak disambut dengan perlawanan apapun.

Pelaku lantas digelandang ke Mapolsek untuk menjalani penyidikan. “Dari tangan tersangka, kami juga sudah mengamankan barang bukti berupa ponsel yang dicurinya,” beber Kapolsek. Penyidik menjeratnya dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Tersangka terancam hukuman pidana paling lama tujuh tahun penjara. (tom/fun)