Dua Atlet Silat Pagar Nusa Raih Medali di Kejurnas di Jakarta

TANDING: Bayu Kurniawan (kiri) saat berlaga di kelas C remaja putra di ajang Festival Pancak Silat Pagar Nusa III di Padepokan Pancak Silat TMII Jakarta. (Foto: Istimewa)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Probolinggo – Dua atlet silat Pagar Nusa asal Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, kembali mengharumkan nama perguruannya. Itu setelah dua atlet tersebut berhasil membawa pulang medali di ajang Kejuaraan Nasional Festival Pancak Silat Pagar Nusa III di Padepokan Pancak Silat TMII Jakarta, pada Jumat-Selasa (3-7/1) lalu.

Dua pesilat muda yang juga utusan dari PWNU Jawa Timur itu ialah Bayu Kurniawan yang turun dari kelas C remaja putra. Dia behasil meraih medali emas. Satu lagi adalah Ahmad Wahyu Nurhotim yang turun di kelas A remaja putra. Ahmad Wahyu meraih medali perunggu. Keduanya merupakan pesilat yang juga meraih medali emas pada kejuaraan daerah (kejurda) di Jombang waktu lalu.

Ketua Pagar Nusa Cabang PCNU Kota Kraksaan Nur Kholis menyampaikan, pihaknya senang dua atlet yang diutusnya pada ajang kejurnas, membawa pulang medali. Kabar gembira itu tak disangka juga mengharumkan nama baik perguruan dan daerah tempat tinggalnya, Kabupaten Probolinggo.

Padahal, menurutnya, selama menjalani proses latihan, alat yang digunakan sangat sederhana. Alat tendang dan pukulan yang digunakannya dalam melatih pesilat mudanya, masih menggunakan baring padi yang diisi serbuk kayu. Begitu pula alas saat latihan tempok antar pendekar. Terpaksa harus bergelut di atas batu bata.

“Selama latihan sangat kekurangan. Alat latihan sansak dan matras belum kami miliki. Tapi tak disangka mereka bisa memaksimalkan itu dan berhasil mengharumkan nama baik perguruan hingga ke ajang nasional,” ujar pelatih yang menjabat belum setahun itu.

Sementara itu, Bayu Kurniawan menyampaikan, medali yang baru diraihnya saat ini, tak lain berkat support dan kepercayaan dari pelatih dan rekan seperguruannya. “Saya sangat bersyukur bisa mengharumkan nama baik perguruan dan daerah tempat tinggal saya,” ujarnya. (mg1/fun)