Tunda Jadwal Liga 3, Tunggu Wabah Korona Mereda

PASURUAN, Radar Bromo – Jadwal kick-off kompetisi Liga 3 Jawa Timur, akhirnya ditunda. Keputusan itu diambil Asprov PSSI Jawa Timur, menyusul kondisi Jawa Timur yang kini berstatus darurat Covid-19. Penundaan kompetisi kasta terendah itu berlangsung hingga wabah mereda.

Ketua Askot PSSI Kota Pasuruan Suhaimi, memaklumi kondisi tersebut. Selama ini, pihaknya juga belum banyak melakukan persiapan menjelang kompetisi. Meski PSSI mendaftarkan dua tim sekaligus, yakni Persekap dan PSPK. “Tidak masalah kalau memang ditunda. Persiapan kami belum begitu jauh seperti tim-tim lainnya,” ujarnya.

Bahkan, kata Suhaimi, pelatih tim juga belum ditentukan, termasuk seleksi pemain untuk dua tim. Selama ini, pihaknya baru berembug untuk menunjuk siapa yang layak memegang dua tim itu sebagai manajer. “Dengan adanya penundaan ini, tentunya kami juga tidak terlalu terburu dalam persiapan,” ujarnya.

Kompetisi Liga 3 Jawa Timur, yang bakal diikuti 61 tim dijadwalkan kick off pada Juni 2020. Namun, Asprov PSSI Jawa Timur, kemudian mengeluarkan surat penundaan laga hingga waktu yang belum ditentukan. Mewabahnya Covid-19 dinilai sebagai kondisi force majeure, sehingga kegiatan sepak bola yang berpotensi melibatkan banyak orang harus dihindari.

“Kami akan kembali mematangkan persiapan Liga 3 apabila sudah ada jadwal dari Asprov. Informasinya kan masih menunggu pemberitahuan dari pemerintah terkait dengan perkembangan Covid-19,” ujarnya. (tom/rud)