Senin, 19 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Pandaan

Masuk Penghujan, Jalur Pendakian Welirang-Arjuno Kembali Dibuka

Rabu, 31 Oct 2018 14:47 | editor : Muhammad Fahmi

KEMBALI DIBUKA: Sejumlah pendaki nampak melintas di jalur pendakian Welirang yang kembali dibuka, usai sempat ditutup karena kebakaran hutan.

KEMBALI DIBUKA: Sejumlah pendaki nampak melintas di jalur pendakian Welirang yang kembali dibuka, usai sempat ditutup karena kebakaran hutan. (Mokhammad Zubaidillah/ Radar Bromo)

PRIGEN- Para pendaki yang hendak menjelajah Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, kini bisa bernapas lega. Sebab, kini jalur pendakian menuju kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerdjo, ini kembali dibuka setelah sempat ditutup karena terjadi kebakaran hutan.

Penutupan dan pembukaan jalur pendakian itu dilakukan UPT Tahura R. Soedjo, selaku pengelola. Kini, jalur pendakian menuju Gunung Welirang dan Gunung Arjuno kembali dibuka untuk umum. “Jalur pendakian kami buka kembali setelah sekitar dua pekan ditutup sementara. Saat ini dianggap sudah aman dari kebakaran,” ujar Kasi Objek Wisata Alam UPT Tahura R. Soerdjo Seksi Malang di Pasuruan Agus Budi Utomo.

Agus mengatakan, dibukanya jalur pendakian ini dilakukan dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya karena api yang sebelumnya melalap sebagian hutan sudah padam. Serta, sejak Minggu (28/10) sore, di puncak gunung dan sekitarnya juga sudah hujan, meski intensitasnya masih rendah. “Ini yang menjadi pertimbangan kami, sehingga diputuskan jalur pendakian dibuka kembali,” ujarnya.

Dibukanya kembali jalur pendakian ini disambut baik para pendaki yang ingin naik ke puncak Gunung Arjuno. Salah satunya Tersius, warga Bali yang datang bersama tiga rekannya. “Beruntung sudah dibuka. Padahal, kalau masih tutup kami berencana balik,” ujarnya saat ditemui di Pos Izin Pendakian Tretes, Kecamatan Prigen, kemarin.

Di Pos Izin Pendakian Tretes, kemarin Tersius bersama rekannya mendapat pengarahan dari petugas UPT Tahura R. Soerdjo sebelum naik ke puncak gunung. Terutama, terkait kewaspadaan para pendaki saat pergantian musim dan pasca kebakaran hutan. 

(br/zal/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia