Sabtu, 17 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Probolinggo

Ssst… PA Probolinggo Butuh Tambahan 10 Hakim

Minggu, 29 Jul 2018 14:30 | editor : Muhammad Fahmi

palu hakim

Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)

KADEMANGAN - Jumlah hakim di Pengadilan Agama (PA) Probolinggo, rupanya masih jauh dari ideal. Sejauh ini, pengadilan kelas 1B ini hanya dihuni empat orang hakim. Padahal, idealnya dibutuhkan 14 orang hakim.

Sekertaris PA Probolinggo Hillyah Sa’diah mengatakan, awalnya PA Probolinggo ada lima hakim. Namun, beberapa waktu lalu seorang hakim dipindah ke PA lain menjadi ketua PA. “Idealnya untuk kelas 1B ada 14 orang. Itu pun tidak termasuk ketua dan waka,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Hillyah mengaku, mengajukan tambahan hakim ke Pengadilan Tinggi Agama. Namun, sejauh ini belum ada tambahan hakim. “Pengajuan terbaru kami ajukan awal bulan ini,” ujarnya.

Syukur, meski jumlah hakim sangat minim, penanganan perkara yang masuk PA masih tertangani. Wakil Panitra PA Probolinggo Siti Nurul Qomariyah mengatakan, semua perkara tertangani. “Kalau untuk masalah perkara, semua tetap tertangani. Namun, banyaknya perkara kan saling bersinambungan. Jadi, berkasnya ada di hakim pembantu satu, dua, dan tiga. Sehingga, jika hanya ada empat, bagaimana ya?” ujarnya.

Karenanya, jadwal sidang hanya dibuka selama tiga hari kerja. Meliputi, Senin hingga Rabu. Sedangkan, untuk Kamis dan Jumat, tak ada jadwal sidang. “Seharusnya sampai Kamis, tapi karena kami kurang hakim, jadi hanya sampai Rabu. Itu pun gantian, jika yang satu hakim ketua dalam sidang, dua lainnya menjadi anggota. Kan untuk ketua PA tidak ikut menjadi ketua sidang,” jelasnya.

Menurut Nurul, jumlah perkara yang masuk setiap harinya bisa capai 6 perkara. Jumlah ini menurutnya sudah cukup tinggi. “Sehingga, dalam sebulan bisa capai 50 perkara,” ujarnya.

(br/rpd/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia