Sabtu, 17 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Baru 145 Lembaga PAUD dan TK di Kota Pasuruan Terakreditasi

Jumat, 27 Jul 2018 15:35 | editor : Fandi Armanto

pendidikan dini

PENDIDIKAN DINI: Suasana di sebuah TK yang ada di Kota Pasuruan. Belum semua lembaga TK-PAUD yang sudah terakreditasi. (Fandi Armanto/Jawa Pos Radar Bromo)

PURWOREJO-Belum semua lembaga TK dan PAUD di Kota Pasuruan sudah terakreditasi. Sejauh ini, dari dari total 252 lembaga, baru 145 lembaga yang sudah terakreditasi. Sementara sisanya belum terakreditasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Pasuruan, Suhariyanto mengatakan jumlah lembaga PAUD dan TK di Kota Pasuruan mencapai 252 lembaga. Rinciannya, PAUD sebanyak 135 lembaga, sementara lembaga TK mencapai 117 buah.

Ia menyebut dari ratusan lembaga tersebut, baru 145 lembaga TK  yang sudah terakreditasi. Sementara, lembaga PAUD belum ada yang terakreditasi. Namun, P dan K hanya bisa mendorong bagi lembaga untuk melakukan akreditasi.

Suhariyanto menjelaskan masih banyaknya lembaga yang belum terakreditasi karena lembaga masih belum siap dengan persyaratan akreditasi. Diantaranya adalah ketersediaan sarana dan prasarana sebab masih banyak yang belum memiliki gedung sendiri.

"Banyak lembaga yang masih penumpang gedung di kantor kelurahan atau di rumah milik pengajar. Inilah yang menjadi kendalanya," terang suhariyanto.

Menurutnya, akreditasi diajukan setiap 5 tahun sekali. Akreditasi ini penting untuk menjaga mutu lembaga menjadi terjamin. Untuk mendapatkan akreditasi, lembaga harus memenuhi 8 standar nasional pendidikan. Selain itu, mereka harus mengajukan proposal dengan mengisi instrumen dan portofolio yang diberikan. 

Selanjutnya, tim dari dinas P dan K akan melakukan pengecekan ke  lembaga tersebut. Kalau sudah dinyatakan siap, maka lembaga tersebut akan diajukan ke badan akreditasi provinsi.

(br/fun/riz/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia