Selasa, 20 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Istri Jarang Masak, Lebih Suka Beli Jadi

Rabu, 25 Jul 2018 13:45 | editor : Fandi Armanto

ono-ono ae, tole, minthul

Ilustrasi (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

TOLE (nama samaran), 30, heran dengan Minthul (juga nama samaran), 28, istrinya. Sudah sekian tahun menikah, Minthul jarang memasakkan makanan untuknya. Padahal, selain ingin menikmati masakan buatan istri di rumah, warga Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, itu berharap bisa menghemat pengeluaran.

Tole mengatakan, sejak memutuskan menikah, ia memang ingin mendambakan istri yang sempurna. Kendati sibuk bekerja di luar rumah. Namun tugas sebagai istri, seperti beberes rumah sampai memasak, harus dikerjakan. “Ini Minthul enggak. Kayaknya yang difokuskan ya kerja saja di luar. Sedangkan di rumah gak pernah diperhatikan,” jelasnya

Sejak awal pacaran, memang diakui Minthul giat bekerja. Sehingga, saat mau menikah, sang istri meminta dirinya tidak melarangnya bekerja. Tole mengiyakan permintaan itu. Dengan catatan, Minthul tidak lupa menjalankan kewajibanya untuk mengurus keluarga.

Pasangan suami-istri (pasutri) ini merupakan karyawan perusahaan. Pekerjaan yang dijalani keduanya cukup menguras tenaga dan pikiran. Bahkan, tak jarang mereka lembur, terutama jika akhir bulan. Meski begitu, Minthul terlihat lebih suka menjalani pekerjaan di kantor daripada mengurus rumah.

“Tapi saya ingin istri berubah. Bisa memasakkan buat suami atau memanjakan saya dengan membuatkan masakan spesial,” ujarnya. Namun, harapan tinggal harapan. Ini, lantaran dari pagi sampai malam, yang ada di pikiran Minthul hanya pekerjaan kantor saja.

Sampai 2 tahun menikah, kebiasaan itu terus ditunjukkan Minthul. Selama itu pula mereka belum mempunyai momongan. Kondisi itulah yang diyakini membuat Minthul belum bisa hamil. Dengan berbagai permasalahan tersebut, Tole meminta Minthul agar bisa lebih santai dan tak melulu sibuk bekerja.

“Termasuk tekanan dari mertua, keluarga besar sampai tetangga kanan kiri agar Minthul berhenti kerja saja,” jelasnya. Sebenarnya belum punya anak, tak terlalu menganggu Tole. Hanya saja yang bikin Tole jengkel lantaran sama sekali tak pernah ikut-ikutan kerja di rumah. Hal itu membuat orang tuanya juga mengeluh.

Minthul juga punya kebiasaan tak pernah sarapan dan langsung berangkat kerja. Malam pun setelah pulang bekerja, Minthul mengaku sudah makan di luar. Hal inilah yang sering kali jadi gunjingan orang rumah. Namun, Minthul selalu cuek dan seenaknya sendiri.

Pasutri ini kemudian lebih sering bertengkar karena persoalan tersebut. Sampai-sampai, Tole tak kuasa menasihati sang istri. “Lha, saya minta dibuatin makan aja gak mau, apalagi menuruti yang lain-lain. Jadi ya sudah terserah dia. Eh, setelah minggat malah minta cerai,” gerutunya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia