Selasa, 21 Aug 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Cuti Kampanye Selesai, Irsyad Yusuf Kembali ke Pendapa

Senin, 25 Jun 2018 06:00 | editor : Fandi Armanto

irsyad yusuf, bupati, pasuruan, ibunda

BALIK: Irsyad Yusuf bersama ibundanya, Solichah Yusuf di Pendapa Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti. Sejak Minggu (24/6), Bupati Pasuruan itu sudah kembali ke rumah dinas. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

PASURUAN - Setelah menanggalkan jabatannya selama empat bulan enam hari saat menjalani masa kampanye, M Irsyad Yusuf kembali menempati rumah dinasnya. Ia yang telah menjabat kembali sebagai Bupati Pasuruan itu juga menegaskan akan menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah.

Sejak pukul 09.00 Minggu (24/6), Irsyad sudah berada di Pendapa Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti. Ada pemandangan berbeda di hari pertama kembalinya Irsyad sebagai Bupati Pasuruan itu. Kedatangannya disambut oleh Habib Abu Bakar dan KH Muzakki Birrul Alim. Kedua ulama itu lantas mengalungkan surban kepada Irsyad.

Selain itu, Irsyad juga disambut oleh beberapa pejabat Pemkab Pasuruan dan kepala desa se-Kabupaten Pasuruan. Irsyad menyebut, momen tersebut dimanfaatkannya untuk mempererat tali silaturahmi setelah beberapa waktu menjalani cuti.

Menurut Irsyad, beberapa bulan masa cuti untuk kampanye itu merupakan bentuk kepatuhannya terhadap regulasi yang ada. “Saya menjalani cuti itu juga sebagai bagian dari ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Dan, sejak hari ini, saya akan menjalankan tugas sebagai kepala daerah,” katanya.

Terlepas dari pencalonannya sebagai petahana, Irsyad berharap pelaksanaan Pilbup Pasuruan 27 Juni mendatang berjalan lancar. Ia menyampaikan, tingkat partisipasi masyarakat juga meningkat dari Pilbup sebelumnya.

“Saya harap masyarakat dapat menyalurkan hak politiknya. Karena keberhasilan pilkada itu ditentukan oleh partisipasi masyarakat,” ungkapnya.

Diharapkannya, partisipasi masyarakat dalam pemilihan itu juga meningkat. Menurutnya, hal itu merupakan tantangan bagi penyelenggara karena berkaitan dengan sosialisasi. “Kami harap tingkat partisipasi meningkat dari sebelumnya yang mencapai 60 persen,” ujarnya.

Selain itu, kata Irsyad, Pemkab juga telah melakukan sosialisasi agar pelaksanaan pilkada berjalan lancar, aman, dan damai. Pihaknya juga menyinggung penyelenggara agar bertugas sesuai kewenangannya.

“Mudah-mudahan tidak ada kecurangan dan money politics. Sehingga, pelaksanaan pilkada ini dapat benar-benar dimanfaatkan masyarakat untuk menghasilkan pemimpin yang amanah,” pungkasnya.

irsyad yusuf, bupati, pasuruan

AKTIF LAGI: Irsyad Yusuf memberi keterangan terhadap pers. Bupati Pasuruan yang menjadi calon petahana di pilkada Kabupaten Pasuruan itu, sudah habis cuti kampanyenya. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

(br/tom/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia