Rabu, 22 Aug 2018
radarbromo
icon-featured
Pasuruan

Konsumsi Premium Diprediksi Naik 23 Persen Selama Arus Mudik-Balik

Kamis, 14 Jun 2018 20:00 | editor : Fandi Armanto

spbu, pom bensin, isi bensin, antrean

ISI BAHAN BAKAR: Suasana antrean pembeli di SPBU Gadingrejo. Selama arus mudik-balik Lebaran, Pertamina memprediksi ada kenaikan konsumsi bahan bakar. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

PASURUAN - Selama Lebaran, jumlah kendaraan yang melintas diprediksi mengalami peningkatan. Kondisi itu juga bakal memengaruhi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang bakal melonjak.

PT Pertamina pun sudah mengantisipasinya. Salah satunya dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Lebaran yang telah terbentuk beberapa waktu lalu.

“Satgas sudah dibentuk sejak awal Ramadan lalu. Tujuannya, untuk mengawal distribusi elpiji dan BBM ke konsumen. Untuk alokasi BBM, tidak ada pembatasan. Penyalurannya normal sesuai dengan kebutuhan dan permintaan SPBU,” ungkap Manajer Pertamina Pemasaran Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Rifky Rahman Yusuf.

Rifky menambahkan, permintaan BBM jenis premium memang telah mengalami peningkatan sejak awal bulan yang lalu. Menurut dia, peningkatan akan terus terjadi seiring dengan arus mudik dan balik berlangsung.

Belum lagi, selama libur Lebaran nanti. “Data terakhir, penyaluran premium per bulan di wilayah Kabupaten/Kota Pasuruan mencapai 5.864 KL. Dan, memang dari bulan sebelumnya sudah ada peningkatan,” ujarnya.

Ia juga memastikan bahwa pasokan elpiji tetap aman meski memasuki Lebaran nanti. Selain itu, pihaknya juga telah mengestimasikan peningkatan permintaan BBM selama Lebaran.

“Soal peningkatan premium pasti ada. Saat ini, Satgas Lebaran 2018 telah menghitung estimasi peningkatan sales premium. Di Pasuruan, diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 23 persen,” jelasnya.

(br/tom/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia