Senin, 20 Aug 2018
radarbromo
icon-featured
Bangil

Masih Rencanakan DED TPA Wonokerto, Rinciannya untuk Ini

Kamis, 14 Jun 2018 13:30 | editor : Fandi Armanto

lahan, tpa, wonokerto, tempat pembuangan akhir

BAKAL LAHAN: Lokasi tanah di Desa Wonokerto yang akan dijadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. (Dok. Radar Bromo)

BANGIL - Pembangunan kawasan TPA Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, membutuhkan dana hingga puluhan miliar. Sebelum direalisasikan, DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Pasuruan mengancang-ancang untuk membuat masterplan dan DED TPA setempat.

Dana ratusan juta pun disiapkan dalam APBD 2018. Hal ini diungkapkan Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Muchaimin. Ia menyampaikan, kawasan TPA Wonokerto perlu ditunjang dengan sarana yang memadai.

Seperti pembangun drainase, selter, sumur bor, dan beragam fasilitas penunjang lainnya. Agar pembangunannya tepat, dibutuhkan masterplan dan DED untuk TPA Wonokerto tersebut.

“Kami membutuhkan DED tersebut, agar pembangunan sarana dan fasilitas di TPA setempat bisa sesuai dengan harapan,” kata Muchaimin.

Ia menjelaskan, tahun ini sudah mengalokasikan anggaran untuk masterplan dan DED TPA Wonokerto. Alokasinya bersumber dari APBD 2018 dengan anggaran senilai Rp 500 juta.

Sejauh ini, proses pembuatan DED tersebut, masih dalam proses perencanaan. “Masih tahap perencanaan. Kami juga berharap, agar pembuatan DED itu bisa cepat direalisasikan,” tambahnya.

Diketahui, keberadaan TPA Wonokerto itu nantinya, sebagai solusi mengatasi tumpukan sampah di TPA Kenep. Pasalnya, sampah terus bertambah, namun keberadaannya tak ditunjang dengan kondisi TPA Kenep.

TPA Kenep semakin overload. Sehingga, perlu ada solusi. Nah, salah satu solusinya dengan penambahan TPA Wonokerto.

sampah, tpa, beji, tumpukan

SERING OVERLOAD: Tumpukan sampah di TPA Kenep di Kecamatan Beji. Seringnya volume sampah yang overload inilah menjadi alasan pemkab membangun TPA Kenep. (Dok. Radar Bromo)

(br/one/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia