Senin, 20 Aug 2018
radarbromo
icon featured
Hukum & Kriminal

Gerebek Rumah Buron Begal di Winongan, Temukan Warga Bawa Bondet-Sajam

Kamis, 14 Jun 2018 10:30 | editor : Muhammad Fahmi

buron, dpo, begal, curanmor, maling motor

DICIDUK: Yakub (kanan) saat diamankan di Mapolres Pasuruan. (Iwan Andrik/Radar Bromo)

WINONGAN - Polisi menggerebek rumah terduga begal di Dusun Krajan, Desa Kedungrejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Hasilnya, petugas berhasil menciduk seorang pelaku pembawa sajam dan bondet di lokasi kejadian.

Pelaku yang diringkus itu, diketahui bernama Yakub, 31, warga Dusun Pagerwojo, Desa Benerwojo, Kecamatan Kejayan. Ia ditangkap di rumah temannya, IS, dalam penggerebekan yang dilakukan polisi, Senin (11/6) siang.

Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP Budi Santoso mengatakan, petugas mulanya hendak menggerebek IS di rumahnya, sekitar pukul 13.00. IS merupakan terduga begal yang menjadi incaran petugas. Beberapa personel dari Resmob Satreskrim Polres Pasuruan diturunkan untuk melancarkan penggerebekan siang itu.

Rupanya, dalam penggerebekan tersebut, petugas tak mendapati IS yang diincar. Melainkan ada rekannya, Yakub, 31, yang ada di dalam rumah IS itu. “Kami menggerebek rumah DPO terduga begal. Saat penggerebekan itu, ada rekan tersangka, YK (Yakub, Red). Sementara IS, kabur,” bebernya.

Dalam penggerebekan itu, petugas berhasil menemukan beberapa barang bukti untuk menyeret Yakub ke penjara. Selain sajam jenis pedang, petugas juga mengamankan bondet serta dua motor Honda Beat dengan nopol palsu dan surat-surat yang dicurigai milik korban.

“Setelah kami cek, ternyata benar motor tersebut merupakan hasil kejahatan. Surat-surat kendaraan korban, kami temukan di baju yang digunakan tersangka YK,” jelasnya.

Atas temuan itu, tersangka kemudian digiring ke Mapolres Pasuruan untuk pemeriksaan. Sejauh ini, tersangka dijerat pasal 2 ayat 1 UU Darurat Nomor 12/1951 tentang Sajam dan Handak. Ancamannya, lima tahun penjara.

“Kami masih melakukan pengembangan. Karena tersangka YK ditengarai terlibat aksi kejahatan pencurian dengan pemberatan di Sukorejo. Hal itu ditinjau dari barang bukti yang kami temukan darinya,” jelasnya.

(br/one/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia