Minggu, 16 Dec 2018
radarbromo
icon-featured
Probolinggo

Sampai H-3, Penumpang KA Naik 20 Persen, PT KAI Tambah 1 Gerbong

13 Juni 2018, 08: 30: 59 WIB | editor : Muhammad Fahmi

stasiun, kereta api, pt kai

RAMAI: Penumpang KA saat tiba di stasiun Probolinggo. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

MAYANGAN - Angkutan umum kereta api (KA) kini jadi pilihan banyak warga untuk mudik lebaran. Terbukti, jumlah penumpang KA di Stasiun Kereta Api Probolinggo tahun ini meningkat dibanding tahun 2017. Bahkan, peningkatannya mencapai 20 persen.

Humas PT KAI Daop 9 Jember Lukman Arif mengatakan, tahun lalu jumlah penumpang selama arus mudik mencapai sekitar 490.000 orang. Namun, tahun ini naik sampai 530.000 penumpang.

Kenaikan jumlah penumpang itu terhitung total menjelang Lebaran dan pascalebaran. Yakni, mulai 5 Juni hingga 26 Juni. “Dibandingkan tahun lalu, jumlah penumpang alami kenaikan hingga 20 persen,” ujarnya.

Selain itu, demi menampung jumlah penumpang, Daop 9 Jember menambah satu gerbong yang berkapasitas 106 tempat duduk di kelas ekonomi. Yakni, pada rangkaian kereta Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya siang dan malam. “Mulai tanggal 9 sampai 10 Juni tujuh kereta baik dengan tujuan jauh dan sedang sudah penuh,” ujarnya.

Lukman Arif juga meminta penumpang KA selalu memperhatikan jam kenberangkatan. Serta, memperhatikan barang bawaannya. Menurutnya, barang bawaan yang bisa dibawa maksimal 20 kilogram.

“Jika melebihi itu, maka barang tidak boleh dinaikkan. Lebar barang juga harus diperhatikan. Jangan sampai mengganggu penumpang yang lain,” ujarnya.

(br/rpd/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia