Senin, 20 Aug 2018
radarbromo
icon-featured
Probolinggo

Buat Pemudik Motor, Pahami Aturan Ini, Melanggar Bisa Ditilang

Rabu, 13 Jun 2018 08:45 | editor : Muhammad Fahmi

arus, mudik, pemudik, lebaran, hari raya, pemotor

Pemudik motor (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

PROBOLINGGO - Momen Lebaran selalu dinanti tiap tahunnya. Tak heran, sejumlah warga pun rela menempuh jarak berkilo-kilo untuk bisa berkumpul bareng keluarga atau mudik.

Nah, selama mudik, pengendara diminta tetap memperhatikan keamanan. Yakni, dengan membawa barang secukupnya.

Terutama, pengendara roda dua yang diharapkan untuk tidak membawa barang secara berlebihan. Imbauan itu disampaikan Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Alpo Gohan. Ia mengimbau pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua selalu tertib berlalu lintas. Termasuk, dalam membawa barang.

Menurutnya, sesuai undang-undang lalu lintas, barang bawaan roda dua maksimal lebar sama dengan ukuran setir kendaraan. Sedangkan, tingginya tidak lebih dari 0,9 meter dari jok kendaraan.

“Untuk barang sudah diatur. Tidak boleh melebihi lebar setir dan maksimal ketinggian 0,9 meter di atas jok motor,” ujarnya.

Bila melanggar, menurut Alpo Gohan, nantinya akan ada Operasi Ketupat. Bila ditemukan pelanggaran, pihaknya akan memberikan terguran. Namun, bila sudah berlebihan bisa ditindak langsung.

“Kalau bawanya ugal-ugalan, pasti akan langsung ditindak. Karena itu sudah membahayakan nyawa orang lain,” ujarnya.

Alpo Gohan mengatakan, pengendara yang tetap tidak mematuhi aturan dan sudah diperingatkan oleh petugas, bila terjadi sesuatu risikonya akan ditanggung sendiri.

“Jika masih tetap begitu, risikonya ditanggung sendiri. Ingat, jika terjadi sesuatu yang sampai merenggang nyawa, yang rugi pengendara sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini banyak ditemukan pemudik yang menaruh barang bawaannya antara pengemudi dan setir. Sehingga, selain mengganggu manuver kemudi, juga menyulitkan kaki pengendara.

“Jika kaki sudah tidak leluasa dan manuver setir terganggu, hal ini dapat membahayakan orang lain dan diri sendiri,” ujarnya.

(br/rpd/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia