Jumat, 17 Aug 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Sebelum Action, PTPS Kota Probolinggo Diberi Bekal Ini

Rabu, 13 Jun 2018 14:30 | editor : Muhammad Fahmi

bimtek, ptps, bawaslu, panwaslu, panwaslih, pilgub jatim

PEMBEKALAN: Panwaslih Kota Pasuruan saat memberi pembekalan pada para pengawas Pilgub Jatim di Kota Pasuruan, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

PURWOREJO - Panwaslih Kota Pasuruan memberikan bimbingan teknik (bimtek) bagi ratusan pengawas tempat pemungutan suara (PTPS). Bimtek ini sebagai pembekalan untuk memahamkan PTPS tentang pelanggaran pemilu.

Anggota Panwaslih Kota Pasuruan Mohammad Anas mengungkapkan, bimtek ini dilakukan 4 hari di Kota Pasuruan. Materi yang diberikan berupa Sistem Pelaporan Online (Silo) sebagai alat kerja untuk pengawasan, sebelum dilaporkan ke Bawaslu.

“Materi diberikan oleh kami secara bergantian setiap kecamatan. Tujuannya, sebagai pembekalan bagi pengawas TPS agar paham soal pelanggaran pemilu dan cara mengatasinya,” katanya.

Menurutnya, bimtek sangat penting. Sebab, tugas PTPS cukup banyak. Mulai mengawasi masa tenang pada 24-26 Juni, mengawasi persiapan pemungutan suara, persiapan penghitungan, serta saat penghitungan suara.

Ia lantas mencontohkan pelanggaran yang kerap terjadi saat pemungutan suara. Misalnya, ada salah satu saksi yang memakai kaus bersimbol salah satu calon. Nantinya, pengawas TPS ini perlu melakukan tindakan pada saksi.

“Saksi ini harus netral. Mereka harus melepas pakaiannya itu. Jadi, bimtek ini perlu agar pengawas tidak bingung saat melakukan penindakan,” ungkap Anas.

(br/riz/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia