Rabu, 22 Aug 2018
radarbromo
icon featured
Bangil

RSUD Bangil Belum Mampu Kelola Limbah Sendiri Karena Ini

Rabu, 13 Jun 2018 17:30 | editor : Fandi Armanto

rsud, bangil, rumah sakit

MILIK PEMKAB: Bangunan RSUD Bangil yang berada di Raci. Rumah sakit milik pemerintah daerah ini, sampai sekarang belum mampu mengelola limbah secaa mandiri. (Dok. Radar Bromo)

BANGIL - Manajemen RSUD Bangil merencanakan untuk melakukan pengelolaan limbah medis dan nonmedis. Langkah itu dilakukan, untuk menghemat pengeluaran dalam penanganan limbah di rumah sakit pelat merah tersebut.

Hanya saja, rencana itu mengambang. Buktinya, belum ada realisasi penanganan limah seperti yang dimaksudkan.

Humas RSUD Bangil, Ghozali menyampaikan, penanganan limah medis dan nonmedis masih dalam pembicaraan di internal RSUD Bangil. Hal itu untuk menyamakan persepsi, dalam penanganan limbah tersebut.

Adanya persoalan di internal itulah, yang membuat pengelolaan limbah medis dan nonmedis secara mandiri belum juga dilakukan. Sehingga, penghematan yang diancang-ancang belum bisa direalisasikan.

“Masih dalam pembicaraan di internal manajemen RSUD Bangil. Ini yang menjadi kendala, pengelolaan limbah rumah sakit belum bisa direalisasikan sendiri,” sampainya.

Ghozali mengakui, penanganan limbah medis akan mendorong penghematan dalam pengeluaran yang dilakukan RSUD Bangil. Sebab, biaya untuk “pembuangan” limbah medis dan non medis RSUD Bangil menelan biaya yang tak sedikit. Dana hingga Rp 1,2 miliar bisa tersedot untuk memindahkan limbah tersebut ke luar daerah.

Dijelaskannya, penanganan limbah yang dimaksud, dengan pemilahan limbah. Antara B3 dan non B3. Nah, limbah yang non B3 inilah, akan dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Limbah non B3 yang dimaksudnya, seperti botol infus atau lainnya. “Dengan pengelolaan tersebut, tentunya bisa menghemat biaya penanganan limbah RSUD Bangil. Karena, kami bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan limbah non B3 tersebut. Itulah yang kami rencanakan, dan sampai saat ini belum terlaksana,” bebernya.

(br/one/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia