Rabu, 22 Aug 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Target Tahun Ini Semua Lembaga SD dan SMP jadi Sekolah Inklusi

Rabu, 13 Jun 2018 18:30 | editor : Fandi Armanto

sekolah, siswa, sd, sepak bola

SEMUA TINGKATAN: Sejumlah siswa bermain sepakbola di SDN Trajeng beberapa waktu lalu. Tahun ini Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan menargetkan, semua lembaga SD dan SMP di Kota Pasuruan, bisa menjadi sekolah inklusi. (Dok. Radar Bromo)

PANGGUNGREJO - Jumlah lembaga inklusi di Kota Pasuruan dipastikan semakin bertambah tahun ini. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Pasuruan menyebut seluruh lembaga SD dan SMP di Kota Pasuruan harus menjadi lembaga inklusi tahun ini.

Kabid Pendidkan Dasar (Dikdas) Dinas P dan K Kota Pasuruan, Supriyadi mengungkapkan sejauh ini baru 32 lembaga di setiap kecamatan di Kota Pasuruan yang menjadi lembaga inklusi. Namun, tahun ajaran mendatang seluruh lembaga SD dan SMP harus menerima siswa inklusi.

“Tahun lalu kan masih sebatas uji coba, makanya baru menggunakan piloting project. Tahun ini setiap lembaga harus menerima jika ada anak inlusi yang mendaftar,” jelasnya.

Supriyadi menjelaskan jumlah anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kota Pasuruan saat ini mencapai 252 siswa. Pihaknya pun sudah menyiapkan 120 guru pendamping. Selama bertugas, mereka didampingi oleh psikolog untuk membantu saat ada kesulitan.

Tidak ada persyaratan khusus bagi anak inklusi yang ingin masuk sekolah umum. Namun, mereka bisa mendaftar mulai 25-28 Juni dengan mengambil formulir pendaftaran. Mereka dapat melakukan pengembalian pada 29 Juni.

“Hanya persyaratan administrasi saja. Kalau persyaratannya lengkap, sekolah harus menerima anak inklusi tersebut,” terang Supriyadi.

(br/riz/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia