Minggu, 19 Aug 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

KPU Mulai Hitung Surat Suara Pilgub untuk TPS

Senin, 11 Jun 2018 12:30 | editor : Fandi Armanto

penghitungan, surat suara, pilgub jatim, kpu

SATU-PERSATU: Penghitungan surat suara Pilgub Jatim di Kabupaten Probolinggo. (Dok. Radar Bromo)

KRAKSAAN - Surat suara untuk Pilgub Jatim yang diterima KPU Kabupaten Probolinggo, tuntas dilipat. Minggu (10/6), KPU memulai penghitungan surat suara per TPS (tempat pemungutan suara).

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, H.M Zubaidi menjelaskan, sesuai rencana, surat suara Pilgub dihitung per TPS selama dua hari. Mulai Minggu (10/6) sampai Senin (11/6).

Jumlah surat suara per TPS yang disiapkan, sama dengan Pilbup Probolinggo. Yaitu jumlah DPT (daftar pemilih tetap) per TPS ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

”Kami mulai penghitungan surat suara per TPS. Tapi, belum kami packing. Karena nanti packing dilakukan setelah lebaran, dengan disaksikan tim pemenangan paslon,” katanya epada Jawa Pos Radar Bromo.

Zubaidi mengaku, dari 867.885 surat suara Pilgub yang diterima KPU Kabupaten Probolinggo, total ada 4.907 surat suara yang rusak. Pihaknya pun telah mengajukan ke KPU Provinsi Jatim, untuk diganti yang baru.

”Surat suara Pilgub yang rusak, total ada 4.907 suara. Kami sudah mengajukan ke KPU Provinsi jatim untuk diganti dengan yang baru,” tuturnya.

Namun, hingga Minggu, pihaknya belum menerima surat suara pengganti yang rusak. Meski demikian, pihaknya tetap menjadwalkan perhitungan surat suara per TPS sesuai jadwal.

”Kami masih menunggu surat pengganti yang baru dari KPU Jatim. Karena ada 4.907 surat suara yang rusak dan sudah diajukan penggantinya,” terangnya.

Kriteria surat suara rusak, mulai dari berlubang, sobek, kusut dan buram. Nanti dikatakan Zubaidi, surat suara yang rusak dikumpulkan untuk dimusnahkan di hari akhir, dengan mengundang kedua tim paslon. Selain itu, akan dimintakan cetakan baru surat suara sebagai pengganti surat suara yang rusak.

(br/mas/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia