Rabu, 22 Aug 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Pelit bin Meditnya Suami, Tabungan Pun Dirahasiakan

Senin, 11 Jun 2018 09:45 | editor : Fandi Armanto

Ono-ono ae

Ilustrasi (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

ENTAH apa maksud Tole (nama samaran), 32, warga Purwodadi, Pasuruan ini menyembunyikan besaran penghasilannya ke istrinya, Minthul (juga nama samaran), 24. Bahkan Tole sengaja membuat rekening sendiri, yang dirahasiakan terhadap Minthul.

Semenjak itu. pertengkaran tak bisa dihindari. Bahkan rumah tangga keduanya terancam bubar.

Minthul mengatakan benar-benar kecewa dengan kelakuan Tole. Ini lantaran Tole ternyata selama ini tak jujur dengan penghasilannya dan menyembunyikan uangnya agar tetap bisa hura-hura sendiri. “Nyesek saat tahu ternyata Tole selama ini sembunyikan gaji aslinya, dan uangnya dipakai hura-hura sendiri,” terangnya.

Selama ini, Tole memang bekerja di pabrik kecil. Sejak berkenalan dan pacaran, Tole mengaku penghasilannya pas-pasan dan tak sebesar gaji di pabrik besar. Minthul yang tahu penghasilan Tole dari awal tak sebesar UMR, menerima saja dan ikhlas untuk tetap menikah.

Setelah menikah dan Tole ikut tinggal di rumah orang tua Minthul. Sedari awal, Tole selalu memberikan uang hanya Rp 1 juta perbulannya. Jumlah itu sejatinya sangat pas-pasan. Apalagi barang kebutuhan dan lain-lain memang makin mahal.

“Tole ngakunya gajinya Rp 1,5 juta, jadi saya dikasih Rp 1 juta dan sisanya katanya buat beli rokok dan bensin,” cerita Minthul.

Dengan pemberian segitu, Minthul memang hanya bisa memberikan sekedarnya untuk kebutuhan makan bulanan keluarga besar Minthul. Sedangkan masalah listrik dan air, memang masih, ada Ayah Minthul yang juga kerja serabutan. Namun Minthul memang tak ada curiga bahwa Tole berbohong. Ini lantaran Tole memberikan sendiri buku tabungan dan ATM Tole kepada Minthul.

Diaktakan selama 4 tahun menikah, Minthul percaya sepenuhnya kepada Tole. Termasuk saat sudah memiliki anak pertama, Tole juga hanya memberikan sekedarnya. “Jadi kalau susu habis atau popok, saya bilang ke Tole, dan dia selalu belikan. Saya juga gak tahu uangnya dari mana,” terangnya.

Hanya saja, Tole dikatakan memang suka ngeluyur gak jelas setiap malam. Termaasuk saat libur kerja, Tole selalu saja ada acara. Entah keluar kota atau touring dengan teman-temannya. Jelas itu pasti membutuhkan uang untuk pengeluaran.

Namun rupanya kebohongan Tole terungkap saat Minthul tak sengaja mengecek tas kerja suaminya. Minthul menemukan buku tabungan lain dan karena penasaran Minthulpun membukanya. “Saya kaget tiap bulan ternyata ada transferan Rp 3 juta lebih. Dan baru dari situ rupanya Tole transfer sendiri ke buku tabungan yang saya pegang,” jelasnya.

Tentu saya Minthul sakit hati, ternyata selama ini Tole berbohong kepada Minthul dan uang gajinya malah dipakai untuk senang-senang sendiri. Minthul jelas ngamuk. Ini lantaran selama ini dirinya hidup susah, bahkan sampai harus ngutang jika kehabisan uang belanja sebelum tutup bulan.

“Saya sampai ngemis hutangan dan Tole tahu, tapi ternyata dia nyimpan uang sendiri buat senang-senang sendiri,” jelasnya.

Pertengkaranpun tak bisa dihindari. Akhirnya tak lama merekpun pisah rumah. Karena sudah kecewa berat, Minthulpun memilih menggugat cerai saja di Pengadilan Agama Bangil.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia