Senin, 20 Aug 2018
radarbromo
icon featured
Pasuruan

Hanya 75 CJH Lunasi BPIH Pada Pelunasan Tahap Kedua

Minggu, 27 May 2018 17:00 | editor : Radfan Faisal

haji, umrah, ibadah, cjh, kemenag, kuota

PELAYANAN HAJI: Pegawai Kemenag Kabupaten Pasuruan (kanan) saat memberikan pelayanan pada CJH. (Erri Kartika/Radar Bromo)

PANGGUNGREJO - Jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Pasuruan, yang mendapatkan kesempatan melunasi biaya perjalan ibadah haji (BPIH) pada tahap kedua mencapai 107 orang. Namun, dari jumlah itu hanya 75 yang melunasi. Karenanya, sejumlah 32 CJH dipastikan tidak bisa berangkat.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Pasuruan Imron Muhadi mengatakan, masa pelunasan BPIH tahap kedua berlangsung mulai 16-25 Mei. Masa itu ditujukan khusus jamaah lanjut usia (lansia), gabungan keluarga, dan jamaah cadangan. “Termasuk, ada yang gagal sistem di pelunasan tahap pertama juga yang terdata sudah pernah haji sebelumnya,” ujarnya.

Dari 107 CJH yang masih kuota masa pelunasan tahap kedua, ada 75 orang yang melunasi. Meliputi, 16 lansia, 55 gabungan keluarga, dan 4 CJH yang gagal saat masa pelunasan tahap pertama. “Sedangkan, lainnya tidak melunasi. Termasuk, dua CJH yang sudah pernah berhaji. Yang satu mengundurkan diri dan satunya lagi meninggal dunia,” jelas Imron.

Karena sudah melunasi BPHI-nya, sejumlah 75 CJH itu dipastikan akan berangkat tahun ini. Selain pelunasan di atas, di tahap kedua juga ditujukan kepada jamaah haji cadangan yang juga melunasi BPIH Rp 35.666.250.

Imron mengatakan, pada masa pelunasan tahap kedua, dari kuota 77 cadangan, hanya 54 orang yang melunasi. Meski sudah melunasi, Kemenag Kabupaten Pasuruan, belum bisa memastikan apakah jamaah cadangan yang sudah lunas ini bisa berangkat tahun ini atau tidak.

“Untuk jamaah cadangan yang sudah melunasi masih menunggu info kuota lagi dari Kemenag Pusat. Setelah pelunasan tahap kedua, Kemenag kembali menghitung kuota yang kosong dan nantinya bisa diisi jamaah cadangan yang sudah melunasi,” jelasnya.

Karenanya, pihaknya berharap jamaah cadangan ini bersabar. Sampai ada pengumuman dari Kemenag Pusat, terkait kuota jamaah cadangan yang akan berangkat tahun ini.

(br/eka/rf/rf/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia