Jumat, 19 Oct 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Punya Banyak Anak, Suami Jadi Tak Betah Tidur Seranjang

Sabtu, 26 May 2018 10:15 | editor : Fandi Armanto

ono-ono ae, tole, minthul, gambar, ilustrasi, minthul, karikatur, kartun

Ilustrasi (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

AKIBAT rumah terlalu sempit gegara banyak anak, membuat Tole (nama samaran), 34, warga Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, tidak lagi betah tidur seranjang dengan Minthul (juga nama samaran), 33, istrinya. Karena itu, Tole selalu memilih tidur di luar.

Bahkan, sudah beberapa bulan ia memilih tak pulang dan tidur di rumah orang tuanya. Minthul mengaku kecewa dengan keputusan suaminya tersebut. Padahal, jika Tole mau berusaha dengan mengontrak rumah sendiri, mereka masih bisa terus bersama dan rumah tangganya tidak terancam bubar.

Penikahan Tole dan Minthul sudah berjalan hampir 8 tahun. Dari situ mereka sudah memiliki 3 orang anak yang masih kecil-kecil. Setelah menikah dulu, Tole memang yang ikut tinggal di rumah orang tua Minthul dan mereka menempati kamar lama Minthul saat masih lajang dulu.

“Ya, kamarnya sih kecil, cuma cukup buat lemari dan kasur besar. Awalnya kalau masih berdua cukup lah buat rumah tangga awal-awal,” ceritanya.

Sejak menikah, memang ekonomi keluarga hanya mengandalkan dari Tole saja. Pekerjaan Tole sebagai sopir pabrik yang biasa antar-jemput barang, membuat Tole tak selalu pulang setiap malam. Namun, selama ini kehidupan rumah tangga mereka adem ayem dan tak ada masalah berarti. Termasuk soal ekonomi.

Dari 8 tahun menikah, anak mereka memang makin bertambah. Dengan prinsip banyak anak banyak rezeki, mereka sampai memiliki 3 anak kecil. Minthul menceritakan bahwa kendati dirinya menjadi ibu rumah tangga, namun mengasuh 3 orang anak memang tak mudah juga.

Dengan rumah yang sempit dan kamar yang kecil, Minthul mau tidak mau harus berbagi kasur dengan ketiga anaknya dan juga Tole. “Ya, akhirnya sempit-sempitan, Tole juga sampai tidur di bawah pakai tikar yang juga sempit,” ujarnya.

Kondisi tersebut sudah berlangsung beberapa tahun ini. Dan akibatnya hubungan kemesraan dengan Tole memang jauh berkurang. Tole sendiri dikatakan tidak pernah mengeluhkan kondisi tersebut. Karena fokusnya selama ini hanya kerja, cari uang, dan pulang.

Minthul sudah meminta agar Tole bisa mencari rezeki agar bisa kontrak rumah sendiri. “Soalnya ibu saya juga lama-lama jengkel, nikah sudah lama, anak banyak, kok masih numpang terus,” terangnya.

Nyiyiran tersebut bahkan sampai ke telinga Tole yang membuat hubungan menantu dan mertua tidak harmonis. Tole sendiri sudah lama memilih tidur di luar, seperti di ruang tamu atau di ruang tengah. Karena di kamar selain sempit juga panas kalau semua tidur bareng.

Akhirnya seringkali kalau sudah kecapekan kerja berhari-hari, Tole memilih tak pulang dan tidur di rumah orang tuanya. Kondisi ini makin parah dalam setengah tahun terakhir. Lantaran Tole tidak pernah balik lagi ke rumah. Bahkan, jarang kasih uang belanja juga.

“Saya sudah bolak-balik tanya maunya apa, kok gak lagi pulang dan kasih uang belanja? Tapi karena begitu terus dan Tole mengaku sudah gak mau balik lagi, akhirnya mau tidak mau saya milih ngurus cerai saja di Pengadilan Agama Bangil,” jelasnya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia