Senin, 20 Aug 2018
radarbromo
icon-featured
Liputan Khusus

Ssttt.... Ada 252 Surat Suara Pilbup Probolinggo yang Rusak

Kamis, 24 May 2018 11:00 | editor : Muhammad Fahmi

surat suara, kertas suara, pilbup probolinggo, pilkada, rusak

RUSAK: Salah satu surat suara pilbup yang rusak. (Arif Mashudi/Radar Bromo)

KRAKSAAN - Dari 867.885 surat suara pemilihan bupati (Pilbup) Probolinggo yang diterima KPU Kabupaten Probolinggo, 252 di antaranya dinyatakan rusak. KPU setempat akan mengembalikan surat suara itu dan meminta ganti yang baru pada rekanan yang mencetak surat suara dari Solo.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo H.M Zubaidi saat dikonfirmasi mengatakan, proses penyortiran surat suara itu dilakukan saat pelipatan surat suara. Ada 150 pekerja yang diambil dari tetangga sekitar kantor KPU untuk petugas pelipatan surat suara.

Nah, dari pelipatan itu, diketahui ada ratusan surat suara yang rusak. “Total ada 252 surat suara yang rusak. Nanti kami akan undang kedua tim pasangan calon dan minta ganti yang baru pada rekanan percetakan surat suara,” terang Zubaidi.

Surat suara sendiri dinyatakan rusak bila diketahui berlubang, sobek, lungset, dan buram. Surat suara yang rusak itu nantinya akan dimusnahkan.

Untuk surat suara pilbup sendiri, yang diterima sebanyak jumlah DPT (daftar pemilih tetap) di tiap TPS dikalikan 2,5 persen. Sehingga, total 867.885 surat suara.

Sementara itu, untuk surat suara Pilgub Jatim, disebutkan jumlah yang rusak malah lebih banyak. Tercatat hingga Rabu (23/5), ada sekitar 619 surat suara pilgub yang rusak. Surat suara yang rusak itu nanti akan disampaikan ke KPU Provinsi Jatim. “Surat suara pilgub menjadi wewenang KPU provinsi,” tuturnya.

(br/mas/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia