Rabu, 19 Sep 2018
radarbromo
icon featured
Desa Maslahat
Desa Dawuhansengon, Kecamatan Purwodadi

Bangun Gedung Serbaguna untuk Fasilitasi Kegiatan Warga

Jumat, 18 May 2018 09:05 | editor : Fandi Armanto

gedung serbaguna, desa dawuhansengon, kecamatan purwodadi, kabupaten pasuruan

AKAN DIBANGUN: Eks gedung SD Inpres yang berada di lahan desa akan diganti dengan bangunan gedung serbaguna untuk aneka kegiatan masyarakat. (Arif Hidayatullah/Radar Bromo)

KETERSEDIAAN gedung serbaguna menjadi perhatian Pemerintah Desa (Pemdes) Dawuhansengon untuk memberikan tempat yang dapat dipergunakan berbagai kebutuhan. Seperti, pertemuan, hajatan warga, kreasi seni hingga olahraga.

--------------

Melalui anggaran dana desa tahun ini, Pemdes setempat mengalokasikan pembangunan gedung serbaguna itu. Rencananya, gedung serbaguna itu akan memanfaatkan eks SD Inpres yang telah tutup sejak tahun 90-an. Sekolah tersebut berada di lahan desa yang berlokasi di Dusun Jambean. Satu kompleks dengan perkantoran desa.

Kades Dawuhansengon M. Ja’par S mengatakan, gedung serbaguna itu sekaligus menjawab permasalahan yang selama ini berada di masyarakat. Utamanya terkait kebutuhan suatu tempat yang luas yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam kegiatan terutama untuk pertemuan dan hajatan warga.

“Kondisi rumah-rumah warga, hampir tidak ada yang memiliki halaman yang luas. Jadi ketika menggelar hajatan entah itu perkawinan ataupun yang lain sering kesulitan. Imbasnya memakai badan jalan,” ungkapnya didamping Sekdes Hermansyah.

Gedung yang rencananya dibangun dengan ukuran 16x8 meter persegi itu, lanjut Ja’par, akan dilengkapi juga sarana pendukung lainnya untuk kegiatan olahraga dan kreasi seni. “Pengelolaannya akan kami serahkan kepada pihak BUMDes, sekaligus sebagai unit usahanya jika gedung itu dipergunakan bukan untuk kepentingan desa,” ujarnya.

perangkat, desa dawuhansengon, kecamatan purwodadi, kabupaten pasuruan

SATU VISI: Kades Dawuhansengon M Ja’par S (tiga dari kiri depan) bersama perangkat desa. (Arif Hidayatullah/Radar Bromo)

Selain pembangunan gedung serbaguna, Pemdes setempat juga berencana membangun Toko Serba Ada (Toserba) yang juga menjadi unit usaha dari BUMDes. Toserba itu untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga sekaligus sumber pendapatan desa.

“Pembangunan lain juga kami lakukan berdasarkan kebutuhan, yakni pavingisasi, rehab gedung sekolah usia dini dan juga pembangunan nonfisik.  Seperti, pemberdayaan karang taruna dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilakukan PKK,” tutup Ja’par. 

pelayanan, desa dawuhansengon, kecamatan purwodadi, kabupaten pasuruan

INOVATIF: Pelayanan kependudukan Desa Dawuhansengon yang menggunakan aplikasi berbasis komputerisasi kian efektif dan efisien. (Arif Hidayatullah/Radar Bromo)

Pelayanan Kependudukan Berbasis Komputerisasi

Bagi Pemdes Dawuhansengon kualitas pelayanan kepada masyarakat menjadi prioritas dalam kinerja seluruh perangkat desa. Berbagai strategi, konsep dan inovasi program terus dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi terselenggaranya pemerintahan desa.

Seperti mutasi perangkat untuk pemenuhan kebutuhan SDM yang sesuai kompetensi, pengadaan program siskamling udara dan pengunaan aplikasi layanan kependudukan yang berbasis komputerisasi. “Semua kami lakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Kades Dawuhansengon M. Ja’par S.

Inovasi pelayanan kependudukan berbasis aplikasi, lanjut Ja’par, menjadi kebutuhan saat ini. Dengan aplikasi yang telah terintegrasi dengan data penduduk desa, pelayanan berupa surat menyurat untuk kebutuhan umum selain pertanahan menjadi lebih mudah dan cepat.

“Dahulu, layanan terkait surat menyurat dapat kami layani sekitar 5 sampai 10 menit. Sekarang dengan memanfaatkan teknologi komputerisasi yang sudah terintegrasi dengan aplikasi kependudukan. Layanan dapat selesai kurang dari lima menit,” ungkapnya didampingi Sekdes Hermansyah.

Hermanysah menambahkan, pemanfaatan aplikasi kependudukan itu juga memberikan kemudahan terhadap siapa saja dari perangkat untuk memberikan layanan. “Kalau dulu memberikan pelayanan berkaitan dengan surat menyurat hanya satu perangkat, sekarang perangkat yang lain juga bisa menggantikan memberikan layanan jika yang bertugas sedang tidak hadir. Semuanya juga terarsip otomatis ke server. Jadi lebih efisien dan efektif,” katanya.

(br/fun/jpk/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia