Rabu, 19 Sep 2018
radarbromo
icon-featured
Hukum & Kriminal

3 Terduga Teroris Diamankan tanpa Perlawanan di Perum STI Probolinggo

Kamis, 17 May 2018 05:18 | editor : Muhammad Fahmi

gerebek, geledah, terduga teroris, perumahan sumbertaman, probolinggo, densus 88, antiteror

JEMPUT TERDUGA: Sebuah mobil yang digunakan untuk menjemput terduga teroris di Sumbertaman, Probolinggo. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

WONOASIH - Tiga orang diamankan saat Densus 88 melakukan penggerebekan di tiga rumah Perumahan Sumber Taman Indah (STI), Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, Rabu malam hingga Kamis dini hari (17/5). Tiga terduga teroris yang diamankan itu disebutkan terlibat jaringan aksi teror yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo.

Ketiga terduga itu semuanya laki-laki. Mereka diamankan dari tiga rumah. Di titik pertama adalah Kawasan Taman Tirta 4. Di blok BB itu, petugas mengamankan seorang terduga berinisial MF yang sehari-harinya oleh sejumlah warga disebutkan jadi pengantar air gallon.

Usai dari rumah MF, polisi bergerak di jalan Puspa Indah RT 6/ RW 5. Ada dua rumah yang berdampingan digeledah petugas di kawasan itu. Dua orang berhasil diamankan. Yakni berinisial IS dan HA.

“Kami bersama Dandim 0820 memback up kegiatan Densus 88. Dimana ada tiga terduga yang diamankan dari tiga rumah. Yakni inisial MF, IS dan HA. Saat ini kami amankan untuk dimintai keterangan,” kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal.

Perwira polisi dengan dua melati di pundaknya itu juga menjelaskan, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Yakni senapan angin, busur panah, golok. “Ada beberapa alat komunikasi dan rakitan-rakitan juga. Tim inafis sudah mengamankan,” imbuh Alfian. Polisi juga mengamankan buku-buku dari rumah terduga.

Ketiga terduga itu disebutkan ada kaitannya dengan aksi teror di Surabaya dan Sidoarjo. “Ada kaitannya dengan tindakan aksi teror di Surabaya dan Sidoarjo. Saat ini masih kami dalami dulu jaringannya,” jelasnya.

Saat ditanya apakah ketiga terduga itu masuk jaringan sel baru atau lama, Alfian menyebutkan, Densus sebelum beraksi telah melakukan penyelidikan sebelumnya.

Ketiganya saat ini diamankan di Mapolres Probolinggo Kota. Polisi Polisi bakal terus mendalami peran ketiga terduga itu. Polisi sendiri mengamankan ketiga terduga tanpa perlawanan.

Usai penangkapan tiga terduga teroris di malam pertama Ramadan itu, Alfian menyebutkan Kota Probolinggo tetap kondusif. “Kami meminta warga untuk tetap tenang, tingkatkan keamanan dan kewaspadaan,” pesan Alfian.

(br/mie/rpd/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia