Rabu, 19 Sep 2018
radarbromo
icon featured
Pandaan

Proyek Jamban untuk Warga Miskin Ditunda, Tunggu Perbup Keluar

Kamis, 17 May 2018 16:50 | editor : Fandi Armanto

jambanisasi, wc, warga miskin, jamban, toilet, wc jongkok

ILUSTRASI: Jambanisasi di Kabupaten Pasuruan. (Istimewa)

PANDAAN - Program pembangunan jamban untuk rumah warga miskin di Kabupaten Pasuruan sejauh ini belum direalisasikan. Padahal, rencana awalnya, pembangunan jamban untuk warga miskin itu mulai dikerjakan bulan ini. Namun, hingga kini belum ada realisasinya.

Mundurnya realisasi itu dikarenakan sejauh ini program itu masih menunggu peraturan bupati (perbup) untuk petunjuk teknis (juknis)-nya. “Program jambannya tetap jadi tahun sekarang, tapi mundur karena perbup-nya belum turun,” jels Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan Misbah Zunib.

Perbup itu sendiri rencananya bakal jadi payung hukumnya. Sejauh ini, data untuk program itu sudah ada. Program itu anggarannya dialokasikan dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT). Total anggarannya mencapai sekitar Rp 3 miliar. Per kepala keluarga (KK), akan menerima dana masing-masing Rp 1.250.000.

Rencananya, ada 2.700 penerima program itu. Penerimanya tersebar di sejumlah desa di 15 kecamatan. “Dana tersebut nantinya dipergunakan untuk pembelian material untuk membuat jamban. Kami rasa mencukupi. Tahun ini pertama kalinya. Rencananya, akan berlanjut di tahun berikutnya,” kata Misbah -sapaan akrabnya-.

(br/zal/fun/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia