Jumat, 16 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Politik

Empat PPL Pilbup Mundur, Ini yang Dilakukan Panwaslih

Senin, 16 Apr 2018 12:00 | editor : Muhammad Fahmi

pilkada, pemilu, pilbup, pilwali, pilgub, coblosan

Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)

BANGIL - Pilbup Pasuruan 2018 baru akan digelar pada 27 Juni mendatang. Namun, sampai pertengahan April sudah ada 4 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) yang mundur.

Mereka pun langsung diganti oleh petugas yang sudah direkomendasi oleh Panwascam setempat.

Aryunani, koordinator Divisi SDM Panwaslih Kabupaten Pasuruan menerangkan, sebelumnya ada 365 PPL yang dilantik. Jumlah ini sesuai dengan jumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Pasuruan.

“Pelantikan PPL untuk Pilbup 2018 sudah dilakukan Januari kemarin. Seharusnya kontrak sampai 6 bulan atau sampai bulan Juli,” terangnya.

Namun, sampai April ini sudah ada 4 PPL yang mundur. Alasannya, menurut Aryunani, karena ada kesibukan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Pihaknya pun langsung melakukan Pergantian Antarwaktu (PAW) kepada 4 PPL yang mundur dengan PPL yang lain.

“Jadi, Panwascam setempat langsung merekomendasikan PPL lainnya atau cadangan untuk menggantikan PPL yang mundur,” ujarnya.

Aryunani memastikan, pergantian PPL akan mengganggu kinerja Panwaslih dalam mengawasi masa kampanye Pilbup dan Pilgub. Sebab, PPL baru langsung menggantikan PPL yang mundur, sesuai tupoksi.

PPL sendiri bertugas memantau pengawasan pemilu di tiap desa dan sebagai kepanjangan tangan Panwascam. Termasuk membawahi Pengawas TPS di 2.380 TPS saat menjelang hari H dan selesai pencoblosan.

(br/eka/mie/mie/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia