Minggu, 18 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Probolinggo

Harga Pangan Rawan Naik Jelang Ramadan, Begini Antisipasinya

Senin, 16 Apr 2018 11:00 | editor : Muhammad Fahmi

bahan pokok, kebutuhan pokok, harga, naik, jelang, ramadan, puasa

RAWAN NAIK: Harga kebutuhan bahan pokok rentan alami kenaikan jelang Ramadan. (Dok. Radar Bromo)

MAYANGAN - Stabilitas harga pangan menjelang Ramadan 1439 Hijriah menjadi perhatian banyak kalangan. Termasuk, Polres Probolinggo Kota yang akan ikut memantau pengendalian harga pangan. Terutama, dalam menjaga stabilitas harga.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, keterlibatan pihaknya dalam upaya pemantauan pengendalian harga pangan merupakan bagian dari tugas Satgas Pangan.

“Satgas Pangan akan menggelar sidak (inspeksi mendadak) pasar dan pemantauan harga pangan. Khususnya, sembako menjelang datangnya bulan Ramadan,” ujarnya.

Ada sejumlah langkah yang akan dilakukan Satgas Pangan dalam memantau harga pangan. Di antaranya, menjaga rantai distribusi produk pangan penting, yakni 11 bahan pokok. Di antaranya, beras, gula, minyak goreng, bawang merah, daging ayam, daging sapi, telur, kedelai, dan cabai.

Kemudian, mengambil tindakan hukum secara tegas bila ada oknum yang mempermainkan harga. “Serta, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti KPPU dan stakeholder terkait. Seperti, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, pelaku usaha, organisasi pangan, dan asosiasi pedagang,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo Gatot Wahyudi mengaku, akan menggelar operasi pasar bersama Bulog.

Pihaknya juga akan melibatkan kepolisian, terutama untuk mencegah adanya permainan dari distributor terhadap distribusi barang. “Nanti juga akan dibantu Polresta untuk melakukan pengawasan terhadap jalur distribusi bahan pangan,” ujarnya.

Menurutnya, jika kenaikan harga barang yang terjadi saat Ramadan juga dialami di daerah lain, hal itu mengindikasikan jika kenaikan ini terjadi merata. Serta, tidak ada indikasi permainan harga dari distributor. “Jika ada permainan dari distributor, Polresta yang menindak,” ujarnya.

(br/put/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia