Sabtu, 17 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Radar Bromo Events

Nih Dia, Daftar Juara Lomba Inovasi Daerah 2018 Pemkab Probolinggo

Senin, 16 Apr 2018 07:45 | editor : Muhammad Fahmi

inovasi daerah, bappeda, kabupaten probolinggo

VERIFIKASI: Tim juri dan Bappeda Kabupaten Probolinggo melakukan kunjungan lapangan di rumah produksi garam sistem on-off Katup Gadis Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan. (Didik Purwanto/Radar Bromo)

KRAKSAAN - Lomba Inovasi Daerah 2018 gelaran Bappeda Kabupaten Probolinggo, kembali melahirkan inovator. Ada 15 peserta yang ditetapkan menjadi pemenang lomba dengan tiga kategori ini.

Masing-masing lima pemenang dari kategori pelajar, umum dan mahasiswa, serta kategori organisasi perangkat daerah (OPD).

Sebelumnya, ada 81 peserta yang mendaftar lomba ini. Namun, setelah makalahnya diseleksi, dewan juri menetapkan 28 karya yang memenuhi ketentuan. Di antarnya, 10 karya dari kategori pelajar, 11 karya dari kategori mahasiswa dan umum, serta 7 karya dari OPD.

Sejumlah 28 peserta itu kemudian diminta mempresentasikan karyanya. Dari sana, tersisa 19 peserta. Masing-masing 6 peserta dari kategori pelajar serta mahasiswa dan umum. Sedangkan, dari OPD ada 7 peserta. Tak cukup presentasi, dewan juri juga mengunjungi langsung tempat para peserta itu berinovasi.

Kunjungan lapangan dilakukan selama tiga hari. Mulai Selasa-Kamis (10-12/4). Sama seperti tahapan sebelumnya, ada tiga juri yang dilibatkan. Di antaranya, Prof. Dr. H.R Abdul Haris dari Universitas Panca Marga Probolinggo; Sugiono, P.hd. dari Universitas Nurul Jadid, Paiton; dan Ir. Sayogya dari unsur praktisi. Mereka didampingi tim dari Bappeda Kabupaten Probolinggo.

“Kunjungan lapangan merupakan tahapan akhir. Dalam tahapan itu, kami (juri) mengunjungi 19 peserta dari kategori pelajar, umum termasuk mahasiswa, dan kategori OPD. Kunjungan lapangan untuk verifikasi data di lapangan,” ujar Prof. DR. H.R Abdul Haris.

Hasilnya, dewan juri mendapatkan masing-masing 5 peserta terbaik dari 3 kategori. Lima belas peserta terbaik itu berhak mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam, dan uang pembinaan dari Bappeda Kabupaten Probolinggo.

“Kami sangat kagum dan bangga dengan karya inovasi para peserta. Baik tingkat pelajar, umum termasuk mahasiswa, dan dari kalangan OPD. Mereka sudah melahirkan karya inovasi yang sangat bagus. Namun, dari sejumlah karya itu kami harus memilih yang terbaik,” ujar Abdul Haris.

Sementara itu, Kabid Program dan Litbang Bappeda Kabupaten Probolinggo Umi Setyowati mengaku, untuk penyerahan hadiahnya, akan segera menghubungi para pemenang. “Waktu dan tempat untuk penyerahan hadiah, masing-masing pemenang nanti akan kami hubungi lebih lanjut,” ujarnya.


Berikut daftar pemenang lomba inovasi daerah 2018 selengkapnya:

Kategori Pelajar
Juara 1 Fila Ramadhan dkk, SMKN 2 Kraksaan
Juara 2 Arifah Agustin Haironi dkk, SMA Unggulan Haf-Sa BPPT Genggong
Juara 3 Arya Fajri Junianto dkk, SMKN 2 Kraksaan
Harapan 1  Muhammad Arifin dkk, SMA Unggulan Haf-Sa BPPT Genggong
Harapan 2 Rizaldi Maulana dkk, SMA Unggulan Haf-Sa BPPT Genggong

Kategori Mahasiswa
Juara 1 Akhmad Rizal Jiwo Prakoso, Desa Curahdringu-Tongas
Kategori Umum
Juara 2 Yuanita Widiastuti, SMAN 1 Kraksaan
Juara 3 Ahmad Samhaji, SDN Ngadisari 2-Sukapura
Harapan 1 H. Arif Syamsul Hadi, SMPN 1 Pajarakan
Harapan 2 Babun, SDN Ngepung-Sukapura

Kategori OPD
Juara 1 drh. Amir Syarifudin, Dinas Peternakan dan Keswan
Juara 2 Suparyono, Dinas Perikanan
Juara 3 Wahyunani, S.Sos dkk, Dispendukcapil
Harapan 1 Siti Husnul Chotimah, Dinas Pendidikan
Harapan 2 Aries Setyawan dkk, BPBD

(br/uno/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia