Minggu, 18 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Features

Ketika Perajin Bola di Orobulu Banjir Order Lantaran Terbantu Liga

Jumat, 13 Apr 2018 11:35 | editor : Fandi Armanto

bola sepak

DIPERCAYA: Bola yang tengah dijahit oleh salah satu perajin di Desa Orobulu, Kecamatan Rembang. Banyak perajin bola di desa setempat yang dipercaya pabrik untuk menjahit. (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

Banyaknya pecinta bola tanah air, memberi pengaruh besar bagi warga Desa Orobulu, Kecamatan Rembang. Sebab, mereka kebanjiran order untuk menjahit bola dari pabrikan. 

MATA Sahrohah, tampak cermat mengamati bola yang tengah digarapnya siang itu (9/2). Hal itu dilakukan untuk memastikan bola pesanan pabrikan itu, sudah dalam kondisi sempurna.

Ia tak ingin bola buatannya tak maksimal. Sehingga, order yang didapatkan dikembalikan oleh pabrikan. Sahrohah merupakan satu dari sekian banyak perajin bola di Orobulu, Kecamatan Rembang. Ada puluhan perajin serupa, di desa setempat.

“Mereka merupakan mitra perusahaan bola yang ada di Sukorejo," kata Kepala Desa Orobulu, Kecamatan Rembang, Hasan.

Menurut Hasan, industri bola di Orobulu, Kecamatan Rembang, sudah berlangsung bertahun-tahun. Munculnya pabrik bola di Sukorejo, membuat kerajinan bola di Orobulu muncul.

Pabrik setempat membutuhkan mitra untuk membantu produksi. Bak gayung bersambut, warga Orobulu menyambutnya dengan antusias. "Warga di sini, akhirnya menjadi penjahit bola. Warga mendapatkan order dari pabrikan," tambah Hasan.

Awalnya, hanya segelintir warga yang menjadi perajin bola tersebut. Namun, lambat laun jumlahnya terus bertambah. Saat ini, ada lebih dari 80 perajin bola di wilayah setempat.

Mereka tak kesulitan untuk memasarkan barang. Sebab, order yang didapatkan berasal dari pabrikan. Setornya pun ke pabrikan pemberi order tersebut. Setiap minggunya, ratusan bola mampu dihasilkan warga.

Jumlah tersebut bertambah. Khususnya, ketika musim bola tiba. Seperti momen dimulainya Liga 1 seperti sekarang ini.  "Karena pesanan berdatangan dari tim-tim bola di wilayah Indonesia. Seperti tim Persebaya," sambungnya.

Kerajinan bola tersebut, benar-benar memberi dampak besar kepada warga. Karena mereka bisa bisa menambah penghasilannya. Khususnya, ibu-ibu rumah tangga.

"Sebagian besar kerajinan ini ditekuni ibu-ibu. Makanya, mereka bisa mendorong peningkatan ekonomi keluarganya," tandas Hasan.

(br/fun/one/fun/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia