Sabtu, 17 Nov 2018
radarbromo
icon featured
Probolinggo

Ini Kendala BBPJN untuk Atasi Jalan Rusak di Pantura Probolinggo

Rabu, 21 Mar 2018 12:45 | editor : Muhammad Fahmi

tambal sulam, perbaikan, pengaspalan, jalan, bbpjn, probolinggo

TAMBAL SULAM: Petugas saat melakukan perbaikan jalan di jalur pantura, beberapa waktu lalu. (Arif Mashudi/Radar Bromo)

KRAKSAAN - Banyaknya lubang dan gelombang di Jalur Pantura Probolinggo, belum ditangani secara maksimal. Sejauh ini, yang dilakukan hanya dengan perbaikan tambal sulam.

Namun, anggarannya cukup besar. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Wilayah Probolinggo-Situbondo mengalokasikan dana sekitar Rp 2 miliar.

Senin (19/3) lalu, sejumlah pekerja terlihat menambal sulam Jalur Pantura Desa Curahsawo, Kecamatan Gending dan Desa Binor, Kecamatan Paiton. Rencananya, perbaikan jalan rusak ini akan dilakukan di sepanjang 43 kilometer Jalan Pantura Probolinggo.

PPK BBPJN VIII Wilayah Probolinggo-Situbondo Andhika Tommy Ardiansyah mengatakan, belum tuntasnya proses kontrak kegiatan multiyears Jalur Pantura Probolinggo-Situbondo, membuat pihaknya berpikir untuk mencari solusi lain. Sebab, sejauh ini banyak titik Jalur Pantura, yang perlu segera diperbaiki.

Karenanya, sejumlah jalan rusak itu diperbaiki menggunakan anggaran pemeliharaan rutin sebesar Rp 2 miliar. Meski sebatas tambal sulam. “Anggaran yang sudah dialokasikan sekitar Rp 2 miliar. Itu, untuk perbaikan jalan rusak Probolinggo-Situbondo, sepanjang 96 kilometer. Khusus Kabupaten Probolinggo sekitar 43 kilometer,” ujarnya.

Tommy mengatakan, perbaikan ini merupakan program penanganan holding rutin transisi. Biasanya dilakukan dengan disapu atau patching.

Karena anggarannya hanya sekitar Rp 2 miliar, pihaknya berusaha memaksimalkan dengan berbagai jenis penanganan. “Kami bekerja terus setiap harinya. Mohon maklum kalau masih ada kerusakan. Karena memang seharusnya penanganannya berupa rekonstruksi masuk paket multiyears,” ujarnya.

(br/mas/mie/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia