Minggu, 21 Oct 2018
radarbromo
icon-featured
Ono-ono Ae

Istri Kok Diperlakukan Seperti Pembantu

Selasa, 06 Mar 2018 10:30 | editor : Fandi Armanto

ono-ono ae, suami, istri, tole, minthul, cerai, talak, rumah tangga

ILUSTRASI (Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

ENTAH apa motivasi Tole (nama samaran), 30, warga Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, saat menikah. Pasalnya, setelah meminang dan memboyong Minthul (juga nama samaran), 22, istrinya untuk tinggal bersama, Tole malah menuding istrinya sebagai parasit. Karena sang istri menumpang hidup.

Geregetan dengan sikap Tole, Minthul pun memilih menggugat cerai ke Pengadilan Agama (PA) Bangil. Minthul sejatinya malu memilih bercerai. Padahal, usia pernikahannya sendiri belum genap 2 tahun. “Saya maunya ya menikah sampai akhir hayat. Tapi kalau suami gak pernah menghargai saya, buat apa diteruskan?” keluhnya.

Pernikahannya dengan Tole memang atas perjodohan keluarga. Selepas lulus dari pondok pesantren, ia memilih berbakti kepada orang tua dengan mau dinikahkan dengan laki-laki yang belum dikenalnya. Saat itu pikiran Minthul menurut saja, “Lagipula, katanya, usia saya sudah waktunya menikah,” ungkapnya.

Selepas sekolah, Minthul memang hanya di rumah saja. Sehingga, setelah menikah dengan Tole, Minthul diboyong ke rumah orang tua Tole dan menjadi ibu rumah tangga. Sebagai istri, Minthul mengaku awalnya hanya mencari rida suami.

Minthul mengaku, mengurus pekerjaan di rumah Tole benar-benar capek. Karena semua pekerjaan rumah, dibebankan padanya. “Yang paling capek ya cuci baju dan setrika. Semua saya yang kerjakan, gak ada yang bantuin,” keluhnya.

Awalnya, Minthul memang terima saja, tapi lama-lama mengeluh lantaran seolah dianggap sebagai pembantu. Bahkan, adik Tole selalu memerintah dia dengan seenaknya. Ternyata, sikap Tole dan mertuanya juga sama.

“Saya sampai sering nangis sendiri. Kok gak pernah dianggap seperti anak sendiri. Malah kayak pembantu. Bahkan, selama menikah, gak pernah pegang uang yang seharusnya jadi hak istri,” jelasnya. Capek diperlakukan seperti itu. Minthul pun memilih minggat saja dan tak lama memilih bercerai.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia